Education

Asah Kecerdasan Si Kecil dengan Cara Ini!

By  | 
Orangtua mana yang tidak bangga melihat buah hatinya tumbuh dengan cerdas? Berbagai macam cara pasti akan dilakukan. Tetapi jangan lupa, setiap anak mewarisi kecerdasan masing-masing. Tugas Anda adalah menggali serta mengembangkan potensinya. Berikut,  adalah beberapa cara untuk membantu Si Kecil mengembangkan kecerdasan mereka:
1. Berkomunikasi

Merangsang kecerdasan anak harus dilakukan secara konsisten setiap hari hanya dengan berkomunikasi. Ajaklah Si Kecil untuk aktif berbicara dan pilihlah topik-topik yang ringan sehingga dapat melatihnya menyusun kalimat serta menambah kosakata.
2. Membaca, bernyanyi dan bercerita

Anak pada masa pertumbuhan menyukai hal-hal baru yang ada di sekitarnya. Imajinasinya sedang berkembang dengan pesat. Karena itu, ajaklah ia membaca bersama. Ajak pula bernyanyi. Ceritakan juga hal-hal berkaitan dengan ilmu pengetahuan serta budi pekerti.
3. Bermain

Luangkan waktu Anda sesering mungkin untuk mengajak anak bermain bersama dengan mainan yang dapat membuat anak aktif secara fisik. Ada banyak mainan edukatif yang didesain khusus untuk melatih kecerdasan seperti Lego, puzzle, balok-balok konstruksi, dan sebagainya.
4. Putar musik klasik

Penelitian mengatakan kecerdasan anak berkaitan erat dengan musik klasik yang didengarnya. Hal ini karena musik klasik dapat merangsang perkembangan neuron otak, dan membantu seorang anak menjadi lebih tenang sehingga mudah berkonsentrasi.
5. Memijatnya

Anak yang aktif bergerak akan mudah lelah, dan hal ini memengaruhi konsentrasi dan mood-nya dalam belajar. Karena itu, pijatlah si buah hati minimal dua kali seminggu supaya mereka bisa merasa segar kembali dan tetap energik untuk melakukan aktivitasnya.
 (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares