Recipe

Resep : Fire Chicken Wings

By  | 

 

Anda dan keluarga menyukai makanan yang spicy? Nah, waktunya mencoba resep pilihan smartmama minggu ini. Anda bisa sajikan bersama keluarga besar saat akhir pekan tiba!

Bahan:
10 potong sayap ayam, potong menjadi dua bagian
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan tepung beras
3 sendok makan tepung terigu
1 sendok makan tepung tapioka
2 sendok makan tepung maizena
1/2 sendok teh baking powder/baking soda
1 butir telur kocok lepas

Saus, aduk menjadi satu:
2 siung bawang putih, parut halus
4 sendok makan saus tomat botolan
5 sendok makan saus sambal botolan
1 sendok makan bubuk cabai
1 sendok makan kecap asin/soy sauce
1 sendok makan saus tiram
2  sendok makan gula palem bubuk/gula pasir
1 sendok teh rice vinegar atau apple cider vinegar atau 1/2 sendok teh cuka masak biasa
1  sendok makan minyak wijen

Cara membuat:

– Siapkan sayap ayam, beri ½ sendok makan garam, remas-remas hingga ayam kesat. Cuci hingga bersih dan tiriskan. Keringkan permukaan ayam dengan tisu dapur atau kain bersh. Taburi ayam dengan garam dan merica bubuk, aduk hingga rata. Tambahkan semua tepung, telur, dan baking soda. Aduk  dengan tangan hingga semua bahan dan ayam tercampur dengan baik.

– Siapkan wajan anti lengket, masukkan minyak agak banyak dan panaskan hingga minyak benar-benar panas. Goreng ayam dengan api kecil saja hingga matang dan permukaannya kuning kecoklatan. Usahakan ayam terendam minyak. Angkat dan tiriskan. Jangan meletakkannya di permukaan piring atau tisu atau wadah lain yang tidak memiliki aerasi yang baik. Sisihkan.

Note: api kecil membuat ayam matang hingga ke bagian dalam tanpa membuat permukaan menjadi gosong.

– Siapkan mangkuk, aduk jadi satu bahan saus, cicipi rasanya. Saus harus terasa manis, asam, asin. Tambahkan gula palem bubuk jika terlalu asam.  Sisihkan.

-Siapkan wajan, masukkan saus, masak hingga mendidih dan kental. Matikan kompor. Masukkan ayam, aduk cepat hingga permukaanya menjadi terlumuri oleh saus. Sajikan panas-panas.

Note: fire chicken wings paling sedap disajikan panas, ketika sudah mendingin maka kulitnya tidak akan terasa renyah.  Selamat menikmati ya. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares