Beauty & Style

5 Bahaya Smoothing Rambut Saat Hamil

By  | 

Siapa yang tidak ingin tampil cantik dengan rambut lurus panjang dan berkilau? Anda mungkin tertarik dengan teknologi Smoothing. Ya, perawatan kecantikan rambut asal Brazil ini memang banyak digemari oleh para wanita. Lalu, apakah perawatan ini aman dilakukan jika Anda tengah hamil?

Untuk Anda yang tengah hamil, smoothing  memiliki dampak negatif atau bahaya yang bisa timbul. Mulai dari bahaya kesehatan rambut hingga kesehatan badan orang yang melakukan smoothing tersebut. Adapun bahaya melakukan smoothing rambut termasuk sebagai aktivitas berbahaya untuk ibu hamil (meskipun sebenarnya tidak semua bahaya memiliki pengaruh terhadap bayi yang ada di dalam perut), antara lain :

1. Kerusakan rambut
Salah satu bahaya yang ditimbulkan dari perawatan rambut smoothing adalah membuat kerusakan pada rambut itu sendiri. Kerusakan yang ditimbulkan bisa saja bermacam-macam, seperti kerontokan yang disebabkan rusaknya akar rambut atau menyebabkan rambut bercabang. Hal ini terjadi karena energi listrik panas yang dialirkan oleh alat bernama catok membuat pertumbuhan rambut menjadi tidak seimbang dan kandungan kimia lain yang merusak akar rambut. Ditambah lagi, pemakaian cat juga akan semakin mempengaruhi rusaknya rambut. (baca juga : bahaya kosmetik bagi ibu hamil)

2. Pendarahan pada hidung
Berdasarkan tes kesehatan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa obat yang dipakai dalam perawatan rambut smoothing oleh salon atau rumah kecantikan merupakan obat yang berbahaya. Hal ini karena bahan kimia yang ada di dalam obat tersebut mengandung racun yang dapat menyebabkan seseorang mengalami pendarahan dalam hidup. Bagi seorang wanita yang sedang hamil, kondisi (pendarahan hidung) tersebut tentu juga akan berdampak pada kesehatan janin yang dikandungnya meskipun tidak secara langsung bisa terlihat efeknya pada si bayi. Namun bahaya seperti pendarahan hidung pasti akan mempengaruhi keadaan bayi.

3. Alergi
Bahaya lain yang bisa ditimbulkan karena smoothing rambut adalah alergi pada kulit kepala. Alergi yang bisa saja muncul, contohnya iritasi kulit, ketombe, gatal-gatal, ruam dan lainnya.

4. Rambut kusam dan kering
Rambut yang kering merupakan salah satu efek samping yang paling mungkin muncul setelah melakukan smoothing rambut bahkan pula rebonding. Hal ini sebabkan karena panasnya kandungan kimia yang berasal dari obat yang digunakan saat melakukan smoothing rambut. Keringnya rambut berarti menunjukkan bahwa rambut telah kehilangan kelembaban alaminya sehingga akan terlihat kusam dan tidak berkilau.

5. Rambut menjadi kasar
Bahaya ini juga disebabkan oleh kandungan bahan kimia yang berasal dari obat yang digunakan dalam perawatan smoothing rambut. Rambut yang kasar menandakan bahwa rambut telah kehilangan bentuk dan tekstur alaminya. Di samping itu, hal ini juga disebabkan karena kurangnya nutrisi baik dari dalam maupun dari luar. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares