Health

Sudahkah Anda Meminta Hak IMD Sesaat Setelah Melahirkan?

By  | 
Menyusu pada 1 jam pertama kehidupan dapat menurunkan angka kematian bayi hingga 22% – UNICEF.

Namun pada kenyataannya, 60% bayi di Indonesia tidak mendapatkan ASI dalam 1 jam pertama kehidupannya; 4 dari 5 mama mengaku tidak mengetahui jika IMD merupakan hak yang wajib diberikan oleh tenaga kesehatan rumah sakit, dan sudah diatur dalam Undang Undang & Peraturan tentang Menyusui tahun 2004:

“Membantu kaum Ibu untuk menginisiasi terhitung dalam jangka waktu 1 jam setelah melahirkan di ruang melahirkan. Apabila sang ibu melahirkan lewat bedah Caesar, bayi dapat mulai menyusui setengah jam setelah kesadaran sang ibu pulih.”

Inisiasi Menyusui Dini (IMD) membantu memperkenalkan Si Kecil dengan payudara sang mama melalui cara yang alami; cara ini dikatakan dapat turut menentukan tingkat keberhasilan menyusui bayi. Nah, coba yuk diingat kembali, apakah Anda sudah mendapatkan hak ini sesaat setelah melahirkan?

dr. Utami Roesli

dr. Utami Roesli

Ditemui dalam Forum Diskusi & Workshop Media – Infant & Young Child Feeding yang diadakan oleh Alive & Thrive dan Unicef Indonesia (22/3/2017), dr. Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM dari Indonesian Breastfeeding Center menjelaskan tentang manfaat dan pentingnya inisiasi menyusui dini, yang hingga kini masih belum didapatkan secara merata oleh sebagian besar wanita di Indonesia.

“IMD adalah hak Anda, mintalah kepada tenaga kesehatan dari rumah sakit, begitu juga dengan layanan rawat gabung dengan bayi. Cukup jelas tertulis kok di UU dan Surat keputusan menteri kesehatan. Mengapa begitu penting untuk diperjuangkan? Karena kedua hal ini akan turut memengaruhi tingkat keberhasilan Anda untuk menyusui Si Kecil nantinya. Ia akan dengan sadar dan secara natural menggapai payudara mama, lalu kemudian menyusu,” ujarnya.

Apa itu IMD?
Inisiasi Menyusui Dini adalah bayi diberi kesempatan mulai (inisiasi) menyusui sendiri segera setelah bayi lahir (dini) dengan meletakkan langsung bayi yang baru lahir di dada sang mama dan membiarkan bayi mendapatkan kontak kulit minimal 1 jam/sampai menyusu.

Tata cara IMD: 
1. Dilakukan langsung sesaat setelah lahir.
2. Bayi tidak usah dibersihkan, hanya dikeringkan saja.
3. Harus antara kulit bayi dengan kulit mama, tanpa perantara.

Baby Just Born

Manfaat IMD: 
1. Bayi hangat dalam proses skin to skin dengan sang mama.
2. Pernapasan bayi menjadi lebih tenang, detak jantung stabil, sehingga Si Kecil jadi jarang rewel.
3. Bakteri baik di kulit mama menempel pada kulit bayi, memberikan perlindungan dari kuman berbahaya.
4. Melatih penciuman bayi saat mencari puting mama melalui bau.
5. Bayi akan mendapatkan kolsostrum (cairan kental kekuningan) langsung dari payudara mama, yang kaya akan zat kekebalan tubuh.
6. Bayi mendapat ASI pertama, yang bermanfaat baik bagi ususnya; mampu mencerna ASI dengan baik, dan tidak menimbulkan alergi.
7. Ikatan bonding mama dan bayi merangsang hormon yang mampu membuat sang mama tenang & kuat menahan rasa nyeri akibat persalinan.
8. Ketika bayi menghisap puting payudara hormon oksitosin keluar, yang menyebabkan rahim berkontraksi sehingga mengeluarkan plasenta yang dapat mengurangi pendarahan pada tubuh mama.

ASI adalah nutrisi terbaik yang dapat kita berikan kepada Si Kecil (Baca: Manfaat ASI untuk Bayi), mari perjuangkan hak mendapatkan momen IMD sesaat setelah melahirkan agar tingkat keberhasilan menyusui dapat terus diusahakan.

Mamas yang menemui kesulitan untuk mendapatkan hak IMD ini, dapat menghubungi pihak Kementrian Kesehatan melalui ‘Halo Kemenkes’ dengan nomor 500 567. Some says, menyusui merupakan perjuangan gigih sang mama untuk dapat memberikan nutrisi terbaik bagi Si Kecil. Kini, Anda yang harus terus mengusahakannya. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com, Various)

Shares