Parenting

9 Cara Balita Mengungkapkan Cinta

By  | 

Bagi Si Balita, tak ada yang lebih penting di hidupnya selain mama dan papanya. Mereka merasa aman saat mengetahui bahwa orang tuanya selalu ada untuknya, dan bagi mereka, keberadaan Anda dan sang papa sangatlah vital. Namun, karena mereka belum bisa mengungkapkan rasa sayangnya dalam bentuk kalimat, seringkali mereka menunjukkan rasa cintanya ini dalam beragam cara. Simak yuk, apa saja yang dilakukan para balita ini untuk mengungkapkan cintanya pada kita!

1. Berusaha menunda kepergian Anda. 

Pasti Anda sering menghadapi Si Balita yang tiba-tiba meminta bantuan Anda dan terkesan ingin membuat Anda sibuk dengannya di saat Anda sedang dalam kondisi terburu-buru. Baginya, tak ada yang lebih baik dibandingkan bersama Anda. “Berpisah dengan Anda adalah hal yang sangat tak diinginkan oleh balita, mereka akan lebih memilih bersama dengan mamanya daripada bersama orang lain,” terang Patricia H. Shimm, penulis buku Parenting Your Toddler: The Experts Guide to the Tough and Tender Years. Intinya adalah, mereka menikmati waktu mereka dengan Anda dan akan berusaha sedemikian rupa agar bisa memperpanjang waktunya bersama Anda.

2. Menantang Anda untuk mengejar dan menangkap dirinya. 

Berlarian dengan riang adalah cara yang dilakukan balita ketika mengekspresikan kebebasannya dan juga cintanya pada Anda, namun tentunya dengan keyakinan bahwa Anda, orang yang paling penting di hidupnya, akan mengikutinya. “Balita percaya bahwa Anda akan berada di sana untuk mereka sebelum mereka menjelajahi dunia. Semakin mereka berani keluar, semakin mereka perlu tahu bahwa Anda turut bersamanya,” kata Laura Bennett-Murphy, Ph.D. , Professor of Psychology and Director of the Mother-Child Project at Westminster College.

3. Membawa benda kesayangannya kemanapun ia pergi.

Beberapa balita memiliki benda kesayangan seperti bantal atau selimut, yang selalu dibawa kemanapun ia pergi keluar rumah. Benda ini sebenarnya mewakili Anda dan rasa cinta Anda padanya, saat Anda sedang tak ada bersamanya. Ibaratnya, kasih sayang Anda ada pada benda tersebut, dan itu membuatnya merasa aman saat berada dekat dengan benda kesayangannya tersebut.

I love you

4. Berpelukan.

Di depan Anda, Si Balita akan berusaha menunjukkan kemandiriannya. Walau begitu, sesekali ia juga ingin berada dalam pelukan Anda untuk bermanja-manja sambil menatap Anda dan memberikan senyuman termanisnya. Saat memeluk, ia ingin menunjukkan bahwa ia merasa nyaman dan sangat menyayangi mama atau papanya.

5. Mengacak-acak makanannya.

Di usia yang lebih kecil, mungkin Anda akan mendapati Si Kecil lebih banyak mengacak-acak makanannya dibandingkan menelan makanannya. Kegiatan ini tentunya membuat Anda stres, namun justru membuatnya senang. Baginya, makanan adalah media untuk bereksplorasi dan bereksperimen. Dan ia ingin berbagi kesenangan ini bersama Anda.

6. Berteriak menyambut kedatangan Anda.

Pernahkah Anda masuk ke dalam rumah dan disambut oleh teriakan melengking Si Kecil? Well, itu adalah cara Si Balita untuk menunjukkan kegembiraannya, kalau mama-papanya yang sangat disayang, sudah pulang dan kembali untuk mereka. “Setiap kali Anda dan suami pamit pergi dan berjanji akan segera kembali, maka anak akan membangun kepercayaannya pada setiap janji yang diucapkan orangtuanya. Itu sebabnya, jangan pernah pergi dengan sembunyi-sembunyi,” jelas Shimm.

mother and child girl reading a book in bed

7. Menyukai rutinitas.

Balita suka dengan rutinitas, konsistensi, dan ritual. Ia akan minta dibacakan buku cerita yang sama setiap malam sebelum tidur, memakai baju yang sama setiap hari, atau menonton tayangan kartun yang sama setiap harinya. “Ia akan meminta Anda untuk membacakan buku cerita yang sama setiap malam karena ia menyayangi Anda, dan ia menyukai segala rutinitas dimana Anda termasuk didalamnya,” terang Shimm. Rutinitas memberikan perasaan aman, sama seperti halnya Anda yang selalu memberikan rasa aman, nyaman, dan tentu saja cinta untuknya.

8. Berbagi dengan Anda. 

Balita tak pernah mau berbagi, kecuali pada momen tertentu, dan hanya pada orang-orang yang ia sayangi. Walaupun mungkin Anda agak terganggu dengan lollipop lengket yang ia berikan kepada Anda, namun berbahagialah, karena itu menandakan kalau ia mau berbagi dengan Anda, orang yang ia sayangi. Menurutnya, apa yang membuatnya bahagia, tentu juga akan membuat Anda bahagia.

9. Menulis dengan krayon dan membuat art & craft.

Si Balita gemar sekali menggambar dan bereksperimen dengan karya seninya yang tentunya masih jauh dari rapi. Bahkan, mungkin karya seninya ini masih dipenuhi dengan lem basah yang lengket kemana-mana saat ia tunjukkan pada Anda. Ingatlah Mams, kalau karya seni yang ia buat adalah bentuk cintanya pada orangtuanya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares