Mind

7 Cara Simpel untuk Menghilangkan Rasa Stres & Cemas

By  | 

Sebagai seorang mama, tentu saja banyak hal yang Anda pikirkan, mulai dari anak-anak, suami hingga pekerjaan. Hal tersebut kerap membuat Anda merasa stres dan cemas menghadapi berbagai hal dalam hidup. Bayangkan, Anda harus memikirkan jadwal kegiatan satu keluarga, lalu mempersiapkan makanan untuk mereka, plus tuntutan pekerjaan yang tiada henti. Tentu saja terkadang Anda lelah dan merasa tidak nyaman, biasanya hal tersebut ditandai dengan jantung berdebar, keringat berlebih dan nafas terasa berat. Nah jika Anda sedang mengalami hal tersebut, jangan terburu-buru minta bantuan medis ya, Mams. 10 cara simpel dan natural berikut dapat membantu mengatasi rasa cemas dan stres yang tengah Anda hadapi.

1. Jogging. Ambil perlengkapan lari Anda, dan lakukan jogging selama 30 menit di track yang nyaman. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Georgia, aktivitas ini mampu mereduksi gejala kecemasan hingga 20%. Jika bosan, Anda juga dapat melakukan variasi dengan bersepeda atau aerobik.

2. Minum teh chamomile. Yes Mams, varian teh yang satu ini memang ampuh mengusir rasa cemas yang tengah melanda. Kala Anda sedang merasa gelisah, duduklah yang tenang dan konsumsi secangkir teh chamomile. Teh ini mengandung apigenin, satu zat penenang yang kerap digunakan pada obat penenang. Nah daripada Anda mengonsumsi obat lebih baik dengan cara yang natural kan?

3. Konsumsi ikan. Ternyata kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, juga mengatasi rasa depresi. Para peneliti dari Ohio memberikan omega 3 bagi sekelompok mahasiswa sebanyak 2,5 miligram per hari. Sementara kelompok lainnya tidak melakukan hal tersebut. Mereka menemukan bahwa mahasiswa yang mengonsumsi omega 3 selama 12 minggu berturut-turut terhindari dari risiko mengalami kecemasan sebanyak 20% dibandingkan dengan yang tidak.

Beautiful blonde smiling woman lying on carpet floor wearing hea

4. Menjadi relawan. Membantu sesama juga merupakan obat mujarab untuk mengatasi stres. Luangkan waktu untuk mengajar anak kurang mampu atau mengunjungi panti wreda sekadar memberi perhatian pada para orang tua yang hidup di sana.

5. Konsumsi multivitamin. Berdasarkan analisa yang dipublikasikan dalam Psychosomatic Medicine, mengonsumsi multivitamin dapat membuat mood Anda meningkat lho. Lakukan hal ini secara rutin agar Anda terhindar dari stres.

6. Nyalakan musik. Ternyata Anda tidak perlu mendengarkan musik yang tenang untuk mengusir rasa cemas atau stres. Berdasarkan penelitian di Australia, mendengarkan musik akan membuat saraf Anda lebih mudah mengendur dibandingkan dengan berdiam diri. Apapun jenis musiknya dapat menghibur Anda kok, Mams, asalkan sesuai dengan selera Anda.

7. Bicara dengan orang terpercaya. Mencurahkan isi hati dengan orang-orang terdekat juga dipercaya dapat mereduksi rasa stres dan cemas. Namun demikian, jika masalah yang Anda hadapi sangat berat, ada baiknya Anda menghubungi orang yang ahli seperti psikolog. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares