Mind

3 Trik Agar Tak Mudah Lupa Nama Orang

By  | 
Mams, pernahkah Anda mengalami momen tak mengenakkan saat Anda disapa oleh kawan lama yang sama sekali tak Anda ingat namanya? Memang sih, yang namanya lupa itu manusiawi, tapi tetap saja kan Mams, perasaan tak enak pasti Anda rasakan. Nah, agar tak terulang hal-hal seperti ini lagi, coba deh ikuti beberapa trik berikut ini!
1. Cari karakteristiknya.
Setiap orang pasti punya ciri khasnya masing-masing. Saat bertemu dan berkenalan dengan seseorang, Anda bisa mencari karakteristik fisik yang khusus dari orang tersebut. Lalu hubungkan dengan namanya, misalnya saja ‘Lisa Model’ karena tubuhnya yang tinggi, atau ‘Doni Gingsul’ karena ia memang memiliki gigi yang gingsul.
2. Menyebut ulang namanya.
Ketika Anda berkenalan atau bertukar kartu nama,  coba sebut kembali namanya beberapa kali dalam perbincangan. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda sedang menghafal namanya.
3. Perhatikan lingkungan sekitar.
Mengingat momen perkenalan secara visual akan membantu Anda menyimpan memori tentang orang tersebut dalam jangka panjang. “Menghafal nama seseorang akan terasa lebih mudah bila Anda juga mengamati apa yang ada di sekitarnya, misalnya warna dinding, atau pemandangan di luar jendela,” saran John Keith, Physical Therapist. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares