Health

Ternyata Mandi Sebelum Tidur Sangat Dianjurkan, Mengapa?

By  | 

Efek kelelahan paska beraktivitas di kantor dan mengurus Si Kecil di rumah pasti Anda rasakan ya, Mams. Saat ingin beristirahat pada malam hari, ternyata disarankan lho, mandi 90 menit sebelum waktu tidur malam. Tidak hanya bisa dilakukan saat hari kerja, manfaatkan juga rekomendasi ini di setiap momen Anda merasa lelah dan membutuhkan waktu istirahat yang maksimal.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Center for Sleep Medicine, New York mengemukakan bahwa mandi sebelum waktu tidur malam merupakan proses pendinginan yang akan memberikan sinyal kepada tubuh untuk beristirahat. Dalam waktu yang disarankan yaitu 90 menit, secara medis tubuh memiliki waktu untuk mengatur ritme dan memberi sinyal kepada seluruh syaraf & otot untuk rileks.

Shower woman washing face
Tepat setelah mandi, Anda akan merasa berenergi. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, tubuh akan memulai proses pendinginan dan menyiapkan sistemnya untuk sepenuhnya beristirahat. Yang terpenting, pastikan suhu tubuh sudah menurun (tidak dalam keadaan berkeringat) sehingga disarankan menggunakan air yang suhunya mendekati suhu tubuh, sekitar 37 derajat celcius. Jika suhu udara malam dirasa terlalu dingin, mamas disarankan untuk memilih suhu air/ruang yang dapat membuat tubuh terasa nyaman.

Mitos Rematik Akibat Mandi Malam

Salah satu kepercayaan masayarakan sekitar adalah munculnya rasa nyeri pada tulang yang berujung pada rematik setelah mandi malam. Padahal, ungkapan tersebut hanyalah mitos lho, Mams. Rasa ngilu baru bisa dicurigai rematik jika sakit terasa di bagian persendian tulang dan menetap selama beberapa minggu, terasa kaku terutama pada pagi hari. Dan perlu diingat bahwa penyakit rematik/radang sendi kronis disebabkan oleh adanya gangguan pada autoimun, bukan akibat efek mandi pada malam hari.Selalu utamakan kenyamanan Anda saat akan mandi ya, Mams. Menyiapkan aromatherapy atau salt bath juga akan memaksimalkan efek relaksasi bagi tubuh sebelum akhirnya beristirahat total sepanjang malam. Selamat mencoba! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares