Education

Dongeng Tradisional untuk Mengenal Budaya Indonesia

By  | 

Hi Mams! Tahukah Anda bahwa di usia 3 tahun, anak – anak sudah mulai mampu menerima stimulasi yang sempurna melalui otak dan pendengarannya? Nah, salah satu aktivitas yang disarankan bagi orangtua untuk membantu memaksimalkan stimulasi ini adalah mendongeng. Selain itu, mendongeng dapat sekaligus melatih kepekaan fisik dan kemampuan analisis Si Kecil. Sudah siapkah Anda berbagi cerita dengan mereka hari ini?

buku

Berikut adalah salah satu rekomendasi buku anak untuk Anda & Si Kecil, “Enchanting Tales from Indonesia”. Buku anak yang berisi 5 dongeng tradisional asal Indonesia ini dituturkan dalam bahasa Inggris, dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik, dan pesan bijak yang terselubung dalam cerita. Ditulis oleh seorang remaja berusia 16 tahun Andari Deswandhy, berikut adalah 5 dongeng pendek tradisional yang dapat Anda ceritakan kepada mereka:

1. The Hidden Treasure.
2. Malin Kundang.
3. Bawang Merah and Bawang Putih.
4. Cindelaras.

5. Timun Mas.

 

malin

Malin Kundang 

Cerita rakyat yang berawal dari propinsi Sumatra Barat ini bercerita tentang seorang anak bernama Malin Kundang yang pergi meninggalkan Sang Ibu, Mande Rubayah karena ingin bekerja menjadi seorang pelaut dan mendapatkan kekayaan. Setelah berjanji akan kembali kepada Sang Ibu dan mensejahterakan hidup keluarga, 10 tahun berikutnya ia justru tidak mengakui keberadaan sang Ibu yang lusuh dan miskin. Dalam kesempatan itulah, Sang Ibu akhirnya mengutuk anaknya menjadi sebuah batu.

timun mas
Timun Mas 

Kali ini berasal dari Jawa Tengah, cerita rakyat yang diangkat untuk mengingatkan kita kembali akan kasih sayang orangtua dan anak kini dapat dinikmati dalam balutan bahasa asing yang mudah untuk dipahami. Menceritakan tentang seorang wanita tua bernama Mbok Srini yang mengharapkan putri untuk menemaninya dalam keseharian. Pada suatu Hari ia bertemu dengan raksasa di dalam hutan yang memberikannya biji timun untuk ditanam dan berubah menjadi anak perempuan yang diberi nama Timun Mas. Di usianya yang ke 16, raksasa meminta Timun Mas kembali untuk dimakan, namun sang Ibu berjuang untuk mempertahankan putrinya.

Masih banyak dongeng yang berasal dari wilayah Indonesia lain seperti Bali atau Jawa Timur yang dapat Mamas bacakan untuk Si Kecil, sekaligus mengenalkannya konsep bahasa asing dengan cara yang menyenangkan. Selamat mendongeng! (Nathalie Indry/KR/Photo: dok. Gramedia)

 

Shares