6 Pertanyaan Memalukan Tentang Kehamilan

By  | 

Kehamilan membuat Anda merasakan banyak hal baru yang terkadang aneh, kadang memalukan, hingga menakutkan. Tak perlu khawatir, karena Anda tak sendirian kok, Mamas to be. Jadi tak perlu segan untuk bertanya pada dokter kandungan Anda. Bahkan untuk pertanyaan yang paling memalukan sekalipun!

Nah berikut ini, adalah 5 pertanyaan yang kerap dirasakan oleh para calon mama, namun enggan untuk ditanyakan.

Q: Apakah ada kemungkinan saat proses melahirkan nanti saya akan buang air besar?

A: Mary Rosser, OB-GYN dari Montefiore Medical Center – New York, menyarankan agar para wanita yang sedang hamil tak perlu khawatir akan hal ini. Persalinan disertai dengan keluarnya kotoran saat persalinan bisa saja terjadi. Kondisi ini dapat terjadi apabila usus Anda penuh, dan karena rektum (organ terakhir dari usus besar yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara feses) berada di bawah rahim, maka ketika Anda mengejan, area rektum juga mendapatkan tekanan yang memungkinkan Anda mengeluarkan kotoran. Hal tersebut sangat normal terjadi kok, Mams. Lagipula, orang-orang yang berada diruangan bersalin bersama Anda adalah para tenaga ahli profesional yang tak hanya mendukung dan membantu Anda selama proses persalinan namun juga dapat menjaga privasi Anda. Jadi, saat akan melahirkan nanti, fokuslah pada bayi Anda ya, Mams. Tak perlu memikirkan masalah itu.

Q: Suami saya takut untuk melakukan hubungan intim ketika saya hamil karena tak ingin menyakiti bayi kami. Bagaimana saya menjelaskan hal ini padanya?

A: Menurut Mary, ketakutan seperti ini banyak dialami oleh para suami yang istrinya sedang mengandung. Karena itu, berikan penjelasan pada suami, bahwa berhubungan intim tak akan menyakiti ibu maupun sang bayi. Untuk lebih meyakinkannya, Anda dan suami bisa menanyakan hal ini langsung ke dokter kandungan.

Q: Saya mengalami keputihan yang cukup banyak. Normalkah ini?

A: Ya, ini normal terjadi. Menurut Suzanne Gilberg-Lenz, OBGYN asal Beverly Hills, perubahan hormon pada tubuh wanita hamil sangat drastis. Plus, adanya peningkatan volume aliran darah di area panggul. Namun bila keputihan tadi membuat Anda merasa sakit, seperti terbakar, gatal, berbau, dan terlalu cair, maka kemungkinan Anda mengalami infeksi, atau air ketuban Anda bocor. Jadi saat gejala tadi terjadi, segera temui dokter kandungan Anda.

Pregnancy and nutrition diet - pregnant woman with fruits isolat

Q: Bagaimana cara mengatasi sembelit?

A: “Untuk menghindari sembelit, pastikan makanan yang Anda konsumsi sarat akan serat, sayuran, buah-buahan, dan banyaklah minum air. Bila diperlukan, Anda juga bisa mengonsumsi susu magnesium atau pelunak tinja,” saran Mary. Namun tentunya harus dengan resep dokter ya, Mams to be.

Q: Saya sering mengalami heartburn, bagaimana mengatasinya?

A: “Untuk heartburn, makan dalam porsi kecil namun sering, atau tidur dengan 2 susun bantal akan dapat membantu mengatasinya. Hindari pula makan makanan asam dan pedas,” tambah Mary. Jika masalah terus berlanjut, kemungkinan dokter Anda akan memberikan Anda obat kalsium karbonat.

Q: Apakah mungkin saya sedang dalam kondisi tertidur saat akan melahirkan? 

A: “Hal ini mungkin saja terjadi, ketika ketuban Anda pecah saat Anda sedang tertidur pulas. Karena, saat ketuban pecah, air ketuban yang keluar tak selalu menyembur, namun bisa saja hanya tetesan-tetesan kecil. Dan bila ini terjadi, wanita hamil seringkali menyangka kalau ini adalah urin,” jelas Mary. Bila Anda tak yakin, segera hubungi dokter Anda. Namun ketika kondisi tersebut disertai dengan kontraksi yang semakin aktif, maka sudah pasti itu adalah ketuban Anda yang pecah. (Baca: 5 Pertanyaan ‘Memalukan’ Anda pada Obgyn (dan Jawabannya)) (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares