Recipe

Resep : Bolu Karamel Panggang Sarang Semut

By  | 
Bolu Karamel Panggang Sarang Semut sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional. Rasanya yang khas, dengan tekstur lembut membuat bolu ini sangat pas disantap bersama teh ataupun kopi.

Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Bolu Karamel Panggang Sarang Semut antara lain :

180 gram tepung terigu (Ayak terlebih dahulu)
50 gram tepung maizena
425 gram gula pasir
150 gram margarin
2 sdt soda kue
200 ml susu kental manis
8 butir telur ayam
450 ml air panas

Cara Membuat :

1. Masukkan gula pasir di atas wajan, lalu masak di atas api kecil hingga berwarna kecoklatan. Tuangkan air panas ke dalamnya dan biarkan mendidih hingga larut. Kemudian angkat dan dinginkan sejenak.
2. Kocok margarin beserta susu kental manis sampai putih dengan menggunakan mixer. Masukkan telur satu per satu, sambil tetap dikocok hingga mengembang. Matikan mixer.
3. Masukkan terigu yang telah diayak dan soda kue. Lalu tambahkan juga tepung maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
4. Tambahkan karamel ke dalam adonan sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga berubah warna.
Setelah itu tuangkan adonan ke dalam loyang tulban yang sebelumnya telah dioles margarin dan ditaburi sedikit tepung.
5. Masukkan ke dalam oven dan Panggang dengan suhu 180 derajat celsius selama kurang lebih 40 menit atau sampai matang tergantung tingkat kematangannya. Setelah matang, angkat dan dinginkan sejenak. Kemudian potong-potong dan sajikan di menu hidangan Anda.

Catatan:
Loyang tulban adalah loyang cincin atau lubang ditengah cincin sehingga membentuk adonan memutar seperti cincin. biasanya bentuknya bundar dan beraneka ragam ukuran diameternya.

Tip Agar Karamel Halus Dan Tidak Gosong

– Memasak karamel harus hati-hati agar hasil akhirnya tidak menjadi gosong dan berubah rasanya. Sebelum memasak karamel, ada baiknya kita memperhatikan tips agar karamel tidak menjadi gosong dibawah ini:

– Gunakan gula putih yang bersih. Campuran selain gula akan gosong lebih dulu sebelum gulanya meleleh. Ini akan menyebabkan karamel Anda terasa pahit dan teksturnya tidak halus.

– Jangan diaduk meskipun sudah cukup meleleh, ada kemungkinan kristal gula masih ada di sana. Jika diaduk, Anda justru akan membuat karamel Anda mengkristal. Goyang-goyangkan panci sebagai ganti mengaduk.

– Jangan ragu saat mengangkatnya dari kompor karena saat karamelnya telah mencair, suhu karamel menjadi sangat tinggi dan cepat sekali menjadi gosong jika terus dipanaskan. Oleh karena itu, begitu gula mencair seluruhnya, angkatlah karamel tersebut dari api. Terus goyangkan panci saat tidak dipanaskan agar karamel tidak gosong. Anda akan mencium bau lembut karamel dengan warna yang tetap indah keemasan.

– Setelah diaduk, masukkan air panas atau beberapa bongkah mentega dan goyangkan lagi hingga tercampur seluruhnya. Kemudian panaskan lagi sejenak untuk meratakan karamel. Pastikan air atau mentega yang dimasukkan juga sudah bebas dari kotoran atau cemaran lainnya agar hasil karamel Anda tetap bersih. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares