Beauty & Style

Khasiat Daun Sirih Agar Wajah Bebas Jerawat

By  | 

Ada banyak cara untuk mencegah jerawat, mulai dari menggunakan masker alami hingga menggunakan cream obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik. Dari sekian banyak bahan alami, daun sirih merupakan salah satu bahan alami yang sangat ampuh untuk mengobati dan mencegah jerawat timbul di kulit anda. Penasaran bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan daun sirih? Berikut ini ulasannya untuk Anda, Mama.

Ada beberapa manfaat daun sirih yang perlu Anda ketahui.

* Daun sirih kaya akan kandungan antioksidan yang membuat daun sirih ini dapat menangkal radikal bebas dan juga dapat menghambat pertumbuhan serta peradangan dari bakteri penyebab jerawat.
* Daun sirih juga memiliki sifat anti-bakteri, dimana hal ini membuat daun sirih sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.
* Daun sirih memiliki kandungan senyawa bernama Chevicol, dimana senyawa ini dapat secara ampuh menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat sehingga bakteri ini tidak dapat mengiritasi kulit Anda.
Berbagai Macam Cara Menghilangkan Jerawat dengan Daun Sirih

1. Daun Sirih dengan Cara Ditumbuk
Bagaimana cara mempersiapkan ramuan daun sirih dengan cara ditumbuk?
* Pertama-tama, anda perlu untuk mempersiapkan 10 helai daun sirih, ditambah dengan 1 gelas air hangat, dan juga sedikit garam halus.
* Setelah bahan-bahan diatas terkumpul, maka Anda bisa langsung menumbuk 10 helai daun sirih tersebut hingga menjadi halus.
* Setelah tumbukan daun sirih dirasa halus, lalu tuangkan ke air hangat. Tunggu hingga air berubah menjadi hijau.
* Setelah air berubah menjadi hijau, saring air tersebut, dan  campur dengan sedikit garam halus. Aduk campuran tersebut hingga merata.
* Aplikasikan ramuan tersebut ke area kulit Anda yang terkena jerawat, tunggu hingga sekitar 1 jam. Lalu cuci menggunakan air bersih.
* Untuk hasil yang maksimal, gunakan campuran ini sekali setiap hari.

2. Dengan Merebus Daun Sirih
Cara kedua sekaligus merupakan cara yang cukup digemari adalah dengan cara merebus daun sirih.
* Siapkan 3 helai daun sirih, dan juga 2 gelas air.
* Tuangkan 2 gelas air tadi ke dalam panci, lalu panaskan hingga air tersebut mendidih. Setelah air  mendidih,  masukkan 3 helai daun sirih.
*  Tunggu  hingga campuran ini menyatu dan air mendidih hingga  menyusut menjadi tiga seperempatnya.
*  Diamkan  ramuan ini hingga tidak panas lagi, dan Anda bisa mulai mengoleskan ramuan tersebut ke area kulit  yang terkena jerawat.
* Biarkan campuran tersebut meresap di kulit anda kira-kira 1 jam lamanya. Setelah itu cuci  dengan air  bersih.
* Untuk hasil yang maksimal, gunakan ramuan ini  setiap hari secara rutin. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares