Mind

Me Time dengan Gathering Komunitas

By  | 

Tidak dapat dimungkiri, perubahan peran menjadi seorang mama telah membawa dampak psikologis yang luar biasa bagi hidup kita. Selain merasakan perubahan prioritas, kurangnya waktu istirahat karena disibukkan dengan hal – hal krusial seperti menyusui setiap 2 jam sekali dan merawat bayi membuat kondisi fisik dan pikiran para mama baru menjadi lebih mudah lelah. Jangankan meluangkan waktu untuk menikmati me time, mandi atau berkomunikasi dengan sesama mama lain saja sudah menjadi break out time yang ‘mewah’. Do you feel the same?

Dilla, Founder Circle of Young Mom bersama keluarga

Dila, salah satu founder Circle of Young Mom bersama keluarga

Berawal dari cerita yang sama itulah, Dila Meirisa, Mama dari Eureka (3 th) dan Falsafa (5 bulan) bersama kedua rekannya Uthie & Juwita akhirnya berinisiatif membentuk sebuah komunitas parenting melalui group chat messanger yang dimilikinya. Dari ide awal yang hanya bertujuan untuk saling berbagi cerita dan melepas lelah setelah seharian mengurus anak – anak di rumah ternyata mendapat respon yang baik dari teman – teman lain. Bahkan kini, komunitas yang dibentuknya sejak tahun 2014 – “Circle of Young Mom” sudah memiliki 80 anggota tetap. “Ide awal sebetulnya tepat setelah melahirkan anak pertama, saya merasa membutuhkan circle pertemanan mama muda baru. Karena kok, rasanya sudah nggak nyambung ya.. obrolan dengan teman – teman lain yang belum punya anak. Sementara pikiran saya setiap hari berkutat tentang menyusui, gangguan kesehatan, sampai menu MPASI. Dari titik itulah akhirnya saya memberanikan diri membentuk group sharing bagi mama baru yang lahir di era tahun 1985 – 1993 & berdomisili di Jabodetabek. Kenapa begitu? Supaya gap obrolan di antara kita nggak terlalu jauh. Anak – anak & mamanya masih seumuran, jadi chat history kita setiap hari selalu seragam: menyusui, tumbuh kembang, rekomendasi dokter anak favorit, kesehatan anak, sampai sale barang – barang bayi untuk usia dibawah 5 tahun,” ujarnya.

1
3(1)

Setelah merasakan manfaat positif berbagi melalui group sharing selama ini, Dilla & anggota Circle of Young Mom lain akhirnya sepakat untuk mengadakan gathering komunitas untuk pertama kalinya dengan tajuk “Playdate #1: Hello Mommy”. Event yang disponsori oleh Nyonya Nursing Wear, Kapten Kecil, Heejablux dan ApplebyCorner ¬†tersebut berlangsung pada hari minggu (26/2/2017) bertempat di Yesterday Backyard, Jakarta Selatan. Turut dihadiri 40 keluarga member aktif dengan beragam aktivitas menarik, “Inti acara hari ini adalah supaya kita semua bisa saling bertatap muka dan berkenalan lebih dekat. Anak – anak bisa bermain di taman belakang dengan hewan – hewan peliharaan atau kids corner yang kami sediakan. Its a kind of a me time moment, tidak hanya untuk kita mamanya, tapi juga anak – anak,” tutup Dilla saat ditemui oleh tim Smart Mama selama acara berlangsung.

Kids at the backyard

Kids at the backyard

Selain sesi perkenalan dan playdate, agenda lain yang juga digagas oleh Circle of Young Mom melalui event ini adalah menyumbangkan dana charity bagi yayasan yatim piatu yang membutuhkan. Tiga orang peserta yang kami temui Febri, Farra & Inda, masing – masing mama dari 1 orang anak mengungkapkan kegembirannya dapat mengikuti gathering pertama yang berlangsung meriah, “Selama ini kami hanya ngobrol di sela – sela waktu mengurus anak via messenger. Jadi senang sekali akhirnya hari ini bisa bertatap muka langsung dan kenalan, lalu ngobrol lebih dekat. Anak – anak juga happy karena disediakan taman bermain yang nyaman. Fun!

Nah, bagaimana dengan Anda, Mamas? Apa saja aktivitas ‘me time’ yang Anda lakukan setelah melahirkan Si Kecil selama ini? Bergabung dalam sebuah komunitas seperti Circle of Young Mom bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat. Karena selain dapat melepas lelah paska mengurus kebutuhan Si Kecil sehari – hari, gathering rutin dengan sesama member sekaligus dapat mengurangi tingkat kejenuhan dan stres yang berlebihan (Baca: Keuntungan Bergabung Dalam Support Group). Happy sharing! (Nathalie Indry/KR/Photo: dok. COYM)

Shares