Health

Deteksi Kanker Payudara Sejak Dini dengan SADARI  

By  | 
Kanker payudara merupakan jenis kanker pembunuh nomor dua yang dialami oleh wanita Indonesia setelah kanker serviks (kanker mulut atau leher rahim). Oleh karenanya, penyakit ini perlu diwaspadai. Dengan mendeteksi penyakit ini sejak dini, akan memperbesar kemungkinan hidup penderitanya.

 

Tentang Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya pertumbuhan sel yang abnormal pada jaringan payudara seseorang. Beberapa faktor bisa menjadi penyebab kanker payudara, seperti faktor genetika, lingkungan, dan hormon turut berperan.

carolus

Menyambut ulang tahunnya yang ke 98 tahun, RS St. Carolus yang berlokasi di Salemba – Jakarta Pusat, menyelenggarakan talkshow bertema ‘Mitos dan Fakta Kanker Payudara’. Acara yang berlangsung pada 9 Februari lalu ini menghadirkan narasumber dr. Fransiska, SpPD, dokter ahli penyakit dalam, dan dr. Felix F. Hangandi SpB, dokter ahli bedah dari RS St. Carolus. Tak hanya penjelasan mengenai penyakit kanker payudara saja, di acara ini hadir pula ibu Theresia Laksmi Notokusumo dari yayasan Love Pink Indonesia, dan ibu Eka Wahyuni SKep, dari RS St Carolus yang berbagi pengalaman mengenai penyakit kanker payudara yang diidap dan bagaimana perjuangan mereka untuk sembuh. Love Pink Indonesia sendiri merupakan komunitas perempuan dengan riwayat kanker payudara yang memiliki misi untuk mendampingi perjuangan wanita-wanita yang terdiagnosa kanker payudara. Di acara ini, ibu Theresia menyarankan para wanita untuk secara rutin melakukan SADARI.

SADARI

SADARI adalah singkatan dari Pemeriksaan Payudara Sendiri. Cara ini akan membantu para wanita untuk dapat mendeteksi adanya kanker pada payudaranya sejak dini.

Dianjurkan agar pemeriksaan dilakukan 1 bulan sekali setelah menstruasi, kira-kira 4-7 hari setelah menstruasi.

breast exam

Breast self exam, breast cancer monthly examination infographics. Icon set. Symptoms of breast cancer or tumor. Cute colored cartoon style. Vector for flyers, brochures, web resources, health centers.

Langkah-langkah SADARI:

  • Berdiri di depan cermin dengan posisi bahu lurus dan kedua tangan di pinggang. Perhatikan apakah ada perubaan fisik padapayudara Anda, misalnya perubahan bentuk, ukuran atau warna payudara.
  • Selanjutnya, angkat kedua tangan ke atas dan perhatikan kembali apakah ada perubahan fisik payudara yang tampak.
  • Tekan puting susu dan lihat apakah ada cairan yang keluar dari puting susu.
  • Berbaring dan raba payudara bagian kanan dengan tangan kiri dan sebagainya. Buat pola memutar dan rasakan apakah pada payudara terdapat benjolan dan lainnya.
  • Saat duduk atau berdiri coba pijat payudara untuk menemukan apakah ada benjolan yang mencurigakan. Raba daerah ketiak sampai perut untuk memeriksanya.

Ketika ditemukan adanya benjolan ataupun perubahan lainnya pada payudara saat melakukan SADARI, jangan segan untuk segera mengunjungi dokter. Semakin dini Anda mengetahuinya, semakin cepat pula penanganan medis dapat dilakukan. (Tammy Febriani/KR/Photo: Dok. SmartMama, Istockphoto.com)

 

Shares