Finance

Q&A Seputar Masalah Finansial

By  | 

Ketika membicarakan tentang masalah finansial, pasti ada beberapa pertanyaan yang kerap terlintas di pikiran Anda. Nah, disini Anda bisa menemukan jawabannya, Mamas!

Q: Apakah melakukan budgeting cukup penting?

A: Ya mams, tentu saja membuat list pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya (budgeting) sangatlah penting. Dengan budgeting yang Ada buat setiap bulannya, dapat membantu Anda memiliki kontrol terhadap keuangan keluarga. Praktisnya, bagi penfapatan keluarga menjadi 50% untuk pengeluaran tetap setiap bulannya, 30% untuk tabungan dan 20% untuk emergency funds.

Q: Seharusnya, berapa besar emergency funds?

A: Jumlahnya emergency funds yang keluarga Anda miliki besarnya tergantung dari jumlah pengeluaran setiap bulannya. Jadi, sisihkan uang dengan jumlah yang sama dengan pengeluaran Anda selama 3 bulan. Akan lebih baik lagi bila keluarga Anda memiliki emergency funds sebesar 6 kali pengeluaran bulana Anda.

Q: Berapa besar tabungan pensiun yang harus disimpan?

A: Mengenai jumlahnya, tentunya ada banyak hal yang menjadi pertimbangan. Seperti berapa usia Anda sekarang, lalu berapa banyak nominal yang sudah Anda tabung untuk pensiun, serta seperti apa kehidupan yang Anda dan suami inginkan saat pensiun nanti. Saran kami, Anda bisa menyisihkan 20% dari pendapatan keluarga setiap bulannya untuk tabungan pensiun.

Credit cards

Q: Sebaiknya, berapa banyak kartu kredit yang semestinya dimiliki?

A: Mengenai berapa jumlahnya, Anda sendiri yang bisa mengukur, Mams. Yang pasti, sesuaikan dengan gaji yang Anda terima, dan pikirkan seberapa bijak Anda dalam menggunakan kartu kredit. Namun, kami menarankan sebaiknya batasi kartu kredit Anda, jangan memiliki lebih dari empat kartu kredit. Dan lagi,  daripada menambah jumlah kartu kredit Anda, pilihan yang lebih baik adalah menaikkan limit kreditnya.

Q: Cara mudah melakukan investasi?

A: Anda dapat menyimpan uang Anda dalam berbagai bentuk investasi seperti saham, emas, ataupun properti. Dengan berinvestasi, maka Anda bisa menghasilkan lebih banyak uang lagi. Namun sebaiknya, berinvestasilah di saat Anda tak memiliki tanggungan hutang kartu kredit, memiliki tabungan setidaknya sebesar 3 kali gaji Anda, dan yang tak kalah penting, Anda telah memahami seluk beluk investasi yang Anda pilih.

Q: Perlukah memiliki asuransi kesehatan?

A: Ya, tentu saja perlu. Apalagi bagi Anda yang telah berkeluarga. Mengingat biaya pengobatan yang tak murah, dan usia balita yang rentan mengalami sakit, maka asuransi kesehatan dapat meringankan biaya pengobatan. Beruntungnya, saat ini ada pilihan asuransi bagi keluarga dengan premi yang lebih ringan bagi keluarga. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares