Mind

3 Fase Adaptasi para Mama Baru

By  | 

Tentu saja tidak semua wanita bisa langsung memahami ‘to do list’ yang harus dikerjakan setelah Si Kecil lahir. Perubahan peran yang akan kita alami ini membutuhkan proses adaptasi yang berkelanjutan. Anda pasti setuju ya, Mams, dengan tanggung jawab yang semakin besar untuk mengasuh & membesarkan anak, yuk ajak pasangan untuk memahami 3 fase utama yang umum terjadi, khususnya setelah melahirkan:

1. Taking in
Fase ini biasa disebut periode ketergantungan, biasanya berlangsung selama 1 – 2 hari setelah melahirkan. Tanda – tandanya, para mama akan lebih berfokus pada dirinya sendiri, menjadi pasif & menimbulkan reaksi yang berlebihan atas perubahan fisik yang ia terima setelah melahirkan Si Kecil. Misalnya saja rasa nyeri pada bekas jahitan atau payudara yang membengkak karena ASI tidak dapat dikeluarkan. Pada momen ini, para mama membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk mencegah gangguan psikologis yang berkelanjutan seperti mudah tersinggung atau menangis. 

Baby Naptime
2. Taking hold
Berlangsung pada 3- 10 hari setelah melahirkan. Secara psikologis, akan timbul rasa khawatir akan ketidakmampuan diri untuk merawat bayi yang baru lahir, terpicu oleh hal – hal seperti Si Kecil yang terus – menerus menangis atau tidak nyaman saat berada dalam pelukan. Pada periode ini, para mama baru akan sangat sensitif terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan pembahasan anak dan pengasuhan. Minta pasangan dan keluarga untuk dapat memberikan dukungan moril, serta bantuan dalam merawat Si Kecil ya, Mams. Remember, if someone offers to help, just let them. 

3. Letting go
Merupakan masa saat sang mama sudah bisa menerima tanggung jawab akan peran barunya. Fase ini biasanya berlangsung 10 hari setelah melahirkan. Salah satu tandanya adalah para mama sudah bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan sang bayi, serta timbul keinginan untuk merawat dan memberikan perhatian ekstra pada mereka. Dapat dikatakan, pada fase ini para mama sudah merasa lebih percaya diri dalam menjalani perannya. 

Nah, untuk melalui ketiga fase tersebut, Anda akan membutuhkan waktu istirahat yang cukup, bantuan untuk merawat Si Kecil, serta dukungan moril dari pasangan dan keluarga besar untuk menyakinkan diri bahwa momen ini akan dapat dilalui dengan baik. Okay, so now you’re officially a mom! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares