Career

7 Hal Yang Terjadi Di Usia kehamilan 7 Bulan

By  | 

Mamas, banyak yang bilang memasuki usia kandungan 7 bulan, kehamilan Anda sudah aman. Di usia ini biasanya para calon mama sudah mulai berbelanja kebutuhan Si Kecil saat ia lahir nanti. Memang benar di usia ini bayi Anda sudah hampir sempurna, sehingga kemungkinan mengalami keguguran relatif lebih kecil. Namun demikian perubahan fisik yang dialami juga cukup signifikan. Sebenarnya apa sih yang terjadi di usia kehamilan tersebut? Dan apa yang harus dilakukan?

1. Perut Anda tiba-tiba membuncit. Jika di trimester 1 dan 2 banyak orang tidak menyadari Anda tengah hamil, maka di usia 7 bulan perut Anda akan membuncit secara signifikan. Hal ini terjadi karena janin dalam kandungan Anda sudah membesar layaknya bayi yang akan lahir. Di usia ini memang berat badan bayi pun akan bertambah secara siginifikan.

2. Tak bisa menahan lapar. Yes Mams, di usia ini Anda akan terus-terusan merasa lapar dan sulit menahan keinginan untuk makan. Namun akibatnya, Anda berisiko untuk mengalami overweight. Siasati hal ini dengan konsumsi makanan sehat yang rendah lemak.

3. Mudah lelah. Bagaimana tidak ya, Mams, tubuh janin yang kian membesar tentu terasa lebih berat untuk disangga. Anda pun kerap kelelahan dan seringkali merasa pegal-pegal. Jangan paksakan tubuh Anda untuk beraktivitas jika sudah terasa lelah. Sediakan waktu untuk rileks di sela-sela kesibukan Anda. Dan kunjungi spa khusus wanita hamil untuk mengatasi rasa pegal.

Pregnant woman having backache

4. Keringat berlebih. Bobot tubuh yang kian meningkat juga dapat menyebabkan tubuh Anda kerap berkeringat dan kerap merasa kepanasan. Hindari area panas sebisa mungkin, kenakan pakaian berbahan sejuk, serta perbanyak minum air putih agar Anda tidak mengalami dehidrasi.

5. Kerap buang air kecil. Posisi bayi yang telah mendekati jalan lahir seringkali menekan kantung kemih Anda, sehingga Anda seringkali ingin buang air kecil. Hal ini memang wajar terjadi dan yang perlu Anda lakukan adalah sebisa mungkin pergi ke tempat-tempat yang memiliki area toilet higienis.

6. Sulit tidur. Kesulitan menemukan posisi tidur yang enak kerap membuat calon mama mengalami insomnia di trimester 3. Atasi dengan menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman, membeli bantal yang nyaman, juga minum segelas susu di malam hari.

7. Si Bayi kerap bergerak. Di usia ini biasanya Anda akan merasakan gerakan janin lebih sering dan lebih lincah dari sebelumnya. Hal tersebut pertanda ia berkembang dengan baik di dalam perut Anda. Mendengarkan musik akan membuat Anda lebih rileks kala ia menendang perut Anda, sekaligus membuat otak bayi terstimulasi. (Karmenita Ridwan/Photo: Istcokphoto.com)

 

Shares