Pleasure

5 Wisata Kuliner Wajib Singgah di Cirebon

By  | 

Mengunjungi kota Cirebon, rasanya belum lengkap jika Anda tidak mencicipi kuliner khas  kota Udang ini. Berikut daftar makanan yang wajib Anda coba.
1. Nasi Jamblang
Ke Cirebon belum lengkap kalau belum cicip kuliner lokal yang satu ini. Nasi Jamblang ini semacam nasi campur, nasi putih yang dimakan dengan berbagai macam lauk pilihan yang tersedia. Yang bikin unik, nasinya dibungkus dengan porsi kecil-kecil menggunakan daun jati. Ada banyak sekali penjual nasi jamblang di kota Cirebon.
2. Empal Gentong & Empal Asem
Empal ini mungkin bisa dibilang sotonya orang Cirebon. Empal Gentong menggunakan kuah santan kuning yang gurih, sedangkan Empal Asem kuahnya bening dengan cita rasa segar karena belimbing wuluhnya. Dua-duanya sama-sama enak dan wajib dicoba.

3. Nasi Lengko
Meskipun nasi lengko ini bisa didapat di mana-mana, tapi kalau sudah mampir ke kota asalnya, mesti coba juga dong. Nasi Lengko ini selain enak juga cocok buat vegetarian, nasi putih dengan taburan potongan toge, kucai dan tempe, disiram kuah kacang dan kecap manis. Sama seperti nasi jamblang, penjual nasi lengko di Cirebon juga ada banyak.

4. Tahu Gejrot
Tahu Gejrot ini bisa dibilang cemilan khas Cirebon, berupa tahu goreng tawar yang dipotong-potong kemudian ditambah bumbu mentah dan disiram kuah sehingga rasanya jadi nano nano (asam, asin, manis, pedas).  Penasaran dengan tahu gejrot ini?

5. Bubur Sop
Dari namanya mungkin sudah bisa ditebak kalau bubur sop ini bubur nasi yang disiram dengan kuah sop. Rasanya pun memang seperti makan bubur ayam yang dikombinasikan dengan soto ayam. Pas banget dimakan malam-malam atau saat hujan, biar bikin badan hangat. (Yosi Avianti/ Photo : Various)

 

Shares