Health

Minyak Zaitun Untuk Makanan Bayi

By  | 

 

Bayi yang telah diperkenalkan makanan padat, sudah mulai mengkonsumsi  makanan dengan berbagai rasa.  Ini membantu mereka mengenal tekstur, rasa, juga termasuk  menyertakan minyak di dalam makanan.

Ya, jumlah minyak yang dimasukkan tentu sedikit. Anda bisa gunakan minyak zaitun kira-kira seperempat sendok teh per dua ons porsi makanan bayi. Pastikan gunakan minyak zaitun extra virgin. Karena, tidak bersuhu tinggi dan tidak menggunakan bahan kimia dalam proses pembuatannya sehingga nutrisi di dalamnya masih terjaga.

Jenis minyak zaitun lain, terkadang dilabeli pure atau murni. Namun itu berarti minyak tersebut telah melalui serangkaian proses pemanasan dan pengolahan yang mempengaruhi kadar nutrisi di dalamnya. Selain itu, Anda juga harus menghindari minyak zaitun yang diberi label light karena seringkali mengandung campuran minyak nabati.

Banyak manfaat gizi dari minyak zaitun extra virgin. Antara lain, kandungan lemak tak jenuh tunggal atau lemak baik mampu membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol buruk. Minyak zaitun, seperti dilansir dari Femguide, mengandung asam oleat yang sangat penting dalam pengembangan fungsi otak bayi Anda. Asam oleat juga ditemukan terkandung dalam ASI. Selain itu minyak zaitun juga mengandung berbagai vitamin yaitu vitamin B, dan A, D, C, E, dan K.

Pada bayi yang menderita sembelit, dan minyak zaitun extra virgin efektif sebagai pencahar dan menjaga kondisi sistem pencernaan. Namun, hanya boleh digunakan dalam jumlah yang sangat kecil untuk menghindari diare.

Anda bisa  menambahkan minyak zaitun kedalam makanan, misalnya,  ketika Anda membuat pure atau bubur dari sayuran, tambahkan sedikit minyak zaitun ke food prosessor agar tercampur dengan rata. Cara lainnya yaitu dengan menggunakan minyak zaitun untuk memasak makanan ketimbang menggunakan mentega atau butter. (Yosi Avianti/ Photo ; Various)

Shares