Parenting

Batasi Waktu Penggunaan Gadget Si Kecil dengan “Screentime” Apps

By  | 
American Academy of Pediatrics dalam konferensi terbaru yang digelar di San Fransisco, pada bulan Oktober 2016 lalu merekomendasikan waktu bermain dengan gadget bagi anak – anak usia 2- 5 tahun adalah maksimal 1 jam dalam sehari. Sementara balita dibawah usia 18 bulan tidak diperkenankan mengonsumsi tayangan TV/gadget sama sekali. 

Kami yakin, Anda pasti memberlakukan jam yang melebihi batas waktu rekomendasi tersebut saat sedang bersama Si Kecil, karena kami juga mengalaminya. Rasanya susah sekali ya, membatasi atau meminta mereka berhenti bermain game/menonton tayangan televisi di saat – saat tertentu? Nah, untuk menjembatani keinginan dan saran tersebut diatas, kini Mamas dapat memanfaatkan aplikasi “Screetime Parental Control”.

inside screentime 4

Tidak hanya dapat diunggah sebagai aplikasi, Screentime juga dapat dipergunakan untuk layar komputer/desktop di rumah. Berikut adalah hal – hal yang dapat mamas lakukan untuk membatasi penggunaan gadget pada Si Kecil melalui aplikasi ini:

1. Membatasi durasi waktu penggunaan gadget melalui aplikasi yang biasa dikonsumsi anak – anak, misalnya YouTube atau berbagai games favorit. Pembatasan waktu bermain ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing anak yang berbeda. Misalnya, 4 anak dengan batasan waktu bermain yang berbeda.
2. Sebagai reminder aktivitas lain yang harus dilakukan, misalnya waktu sekolah, tidur siang, atau melakukan pekerjaan rumah.

inside screentime 5

3. “Pause & Play” buttons untuk kondisi tertentu. Misalnya, pada saat akan mengajak Si Kecil menikmati makan malam bersama, Mamas dapat mengirimkan “pause” request kepada gadget mereka untuk berhenti sejenak dari konsumsi gadget selama waktu yang ditentukan, misalnya 10 atau 20 menit.

4. Creating fun homework & tasks! Tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk membatasi waktu penggunaan gadget, Mamas juga dapat menjadikan Screentime sebagai to do list bagi Si Kecil untuk melakukan pekerjaan tertentu dan memberinya rewards jika berhasil melaksanakannya (diberikan dalam bentuk tambahan waktu konsumsi gadget).

inside screentime 2
inside screentime 3
Selain menarik perhatian karena difasilitasi dengan fungsi tersebut, mamas juga (tentu saja) dapat memblokir aplikasi dan tayangan tertentu yang dianggap tidak pantas untuk dikonsumsi anak – anak. Selamat mencoba! (Nathalie Indry /KR /Photo : Various) 

Shares