Health

Ini Cara Aman Agar Ibu Hamil Bisa Menikmati Kopi

By  | 

 

Anda para Mamas to be yang memiliki ritual ngopi di pagi hari tidak perlu risau. Ada beberapa trik agar rutinitas minum kopi tidak terganggu.

Kopi sebenarnya tidak berdampak secara langsung pada kesehatan ibu hamil. Meminumnya tidak akan membuat bayi yang dikandung mendapat dampak buruk seperti bayi nantinya lahir sebagai anak yang memiliki gangguan tidur atau bahkan mempengaruhi pada pertumbuhan otaknya.

Dampak kopi pada ibu hamil biasanya
dapat memberikan pengaruh buruk karena kadar kafein yang terkandung pada kopi akan membuat ibu hamil terjaga di malam hari, sementara seorang wanita yang sedang hamil membutuhkan banyak istirahat.

Hal yang perlu diketahui oleh ibu hamil ketika mereka ingin minum kopi adalah kurangi jumlah takarannya. Takaran aman untuk mengkonsumsi kopi setiap harinya adalah satu cangkir. Nah, apakah Anda sebelumnya adalah pecinta kopi, yang mengonsumsi lebih Dari 2 gelas sehari? Jika ya, sebaiknya kurangi jumlah takaran  menjadi satu atau setengah cangkir dalam sehari.

Tak hanya kopi, bahan makanan lainnya yang jmengandung kafein sebaiknya dikurangi. Namun ketika Anda ‘kebablasan’ mengonsumsi kopi lebih dari takaran aman maka sebaiknya konsumsi berbagai macam makanan yang dapat mengurangi kadar kafein dalam tubuh. Seperti, makan pisang, minum susu, minum air putih, dan lainnya. Pisang dipercaya dapat mengurangi kadar kafein sebab pisang mengandung kadar kalsium yang dapat mengurangi efek kafein dalam tubuh. Sementara susu memiliki sifat menetralisir alami. Kafein sendiri memiliki efek diuretik sehingga akan membuat tubuh meresponnya dengan buang air kecil. So, tak perlu khawatir lagi apakah boleh atau tidak minum kopi dalam keadaan hamil, ya, Mamas to be. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares