Career

Lakukan 3 Hal ini Sebelum Bertemu dengan Klien

By  | 

Bertemu dengan klien penting tentunya memberi tantangan tersendiri. Jujur saja, pastinya ada rasa takut bila nanti melakukan kesalahan saat presentasi. Karena itu, mempersiapkan diri sebelum meeting sangat penting untuk dilakukan demi kelancaran presentasi nanti.

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan? Simak penjelasannya berikut ini:

  • Memahami materi meeting. Persiapkan dengan matang materi yang akan dibahas saat meeting beberapa hari sebelum meeting berlangsung. Pastikan bahwa materi yang Anda susun telah lengkap dan rapi, sehingga nantinya akan memudahkan Anda saat mempresentasikannya. Dengan begitu, selain menambah rasa percaya diri Anda, klien pun dapat dengan mudah memahami apa yang Anda sampaikan.
  • Mengenal klien. Mengetahui latar belakang calon klien yang akan ditemui saat meetingnanti sangatlah penting, Mamas. Pelajari berbagai informasi tentang klien Anda, seperti latar belakang perusahaan dan hal lainnya yang berkaitan dengan bidang usaha yang dijalankan oleh klien Anda tersebut. Hal ini akan membuat perbincangan Anda bersama klien lebih lancar.
  • Penampilan. Saat bertemu dengan klien,cobalah untuk tampil sedikit formal untuk menciptakan kesan profesional. Selain memberi kesan bahwa Anda menghormati pertemuan tersebut, penampilan Anda juga menggambarkan bagaimana perusahaan tempat Anda bekerja.
  • Hadir tepat waktu. Hindari yang namanya terlambat ya, Mams! Tak hanya dapat membuyarkan konsentrasi saat meeting, hadir terlambat juga dapat menurunkan penilaian klien terhadap Anda karena dianggap tidak professional. Jadi, lebih baik hadir lebih awal daripada terlambat.(Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares