Mind

Calon Mama Tak Perlu Merasa Bersalah Atas 7 Hal Ini!

By  | 

Sebagai calon mama, tentu saja Anda kerap berhati-hati saat melakukan sesuatu dan ingin segalanya berjalan dengan sempurna. Nah hal tersebut kerap memicu rasa bersalah pada mamas to be ketika ia merasa tidak menjalani kehamilannya secara sempurna. Padahal 7 hal yang kerap menimbulkan rasa bersalah ini tak perlu terlalu dirisaukan lho. Apa saja hal tersebut dan mengapa tidak perlu dikhawatirkan? Simak yuk.

1. Makan Junk Food

Memang betul saat hamil Anda wajib mengonsumsi makanan sehat demi menjaga kondisi tubuh dan janin dalam kandungan. Namun demikian, jika sesekali Anda ingin sekali mencicipi makanan yang kurang sehat, bukan berarti Anda serta merta meracuni bayi Anda kok. Pastikan saja Anda tidak mengonsumsi junk food secara berlebihan, dan seimbangkan dengan makanan sehat.

2. Tidak Menyukai Kehamilan

Banyak sekali calon mama yang merasakan hal ini, merasa bersalah karena tidak menyukai kehamilannya sendiri. Padahal hal tersebut sangat wajar lho, Mams, mengingat perubahan hormon dalam tubuh kerap membuat Anda merasa tidak nyaman. Tak perlu merasa bersalah ya, Mams, lambat laun setelah tubuh Anda beradaptasi, apalagi menyaksikan Si Kecil makin berkembang, pasti Anda akan mencintai kehamilan dengan sendirinya.

3. Tidak Mempersiapkan Persalinan Secara Khusus

Sementara banyak calon mama mulai mempersiapkan diri untuk proses persalinan, dengan mengikuti kelas lamaze, Anda malah tidak punya waktu untuk melakukan hal tersebut. Jika memang tidak bisa, Anda tidak perlu terlalu merasa bersalah ya, Mams. Asalkan Anda rajin cek ke dokter kandungan dan dinyatakan normal, maka yang perlu Anda lakukan adalah rileks hingga saatnya tiba.

Pregnant women eagerly eating the sandwich

4. Kesal dengan Berbagai Nasihat Seputar Kehamilan

Anda merasa kesal dengan berbagai nasihat yang membanjiri Anda, mulai dari keluarga dekat, teman hingga kerabat. Padahal, Anda sama sekali tidak bertanya mengenai tip kehamilan pada mereka. Tak perlu merasa bersalah jika Anda kesal ya, Mams. Wajar kok jika Anda kesal, cukup dengarkan saja dan tersenyum, jika tidak sesuai dengan keyakinan Anda ya tidak perlu diikuti.

5. Masih Mengonsumsi Kafein

Banyak yang bilang, saat hamil Anda wajib berhenti minum kopi, padahal banyak calon mama yang sudah terbiasa minum kopi dan sulit menghilangkan kebiasaan tersebut. Konsultasikan hal ini dengan dokter ya, Mams, biasanya jika kehamilan Anda tidak bermasalah, Anda masih bisa kok minum kopi dengan jumlah tertentu.

6. Tidak Berolahraga

Idealnya, calon mama wajib berolahraga setidaknya 30 menit dalam sehari, namun kenyataannya calon mama seringkali merasa lelah. Atasi rasa bersalah Anda dengan banyak bergerak meskipun bukan khusus berolahraga. Jalan-jalan di taman atau mall juga tergolong bergerak kok Mams.

7. Ingin Tubuh Anda Kembali Normal

Ingin langsing kembali paska melahirkan sudah pasti menjadi dambaan ya, Mams. Namun biasanya calon mama merasa lelah dengan tubuhnya yang semakin lama terasa semakin berat. Dan ingin tubuh lamanya kembali dan tidur dengan nyenyak tanpa perlu kesulitan menentukan posisi. Hal tersebut normal kok, Mams, Anda tidak perlu memaksa diri untuk selalu excited dan bahagia dengan kehamilan Anda. Jadi tidak perlu merasa bersalah jika kehamilan Anda tidak “sempurna”. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares