Parenting

Dampak Negatif pada Anak Ketika Melihat Orangtua Bertengkar

By  | 
Pertengkaran dalam rumah tangga adalah hal yang umum terjadi. Walau begitu, hindari bertengkar di depan anak, karena akan memberikan dampak negatif baginya.
Walau menahan emosi bukanlah hal yang mudah, namun sebaiknya Anda dan pasangan dapat lebih sabar ketika sedang berada diantara anak-anak. Karena berdebat dan bicara dengan intonasi yang tinggi atau bahkan kasar di depan anak, nantinya dapat menimbulkan efek negatif pada anak-anak Anda, seperti:
  • Ketakutan. Walau mungkin mereka tak mengerti alasan kedua orangtuanya bertengkar, namun ketika mereka mendapati kedua orangtuanya bertengkar dan tak sependapat, maka mereka akan merasa ketakutan. Kondisi yang berkelanjutan akan membuat mereka terus merasa ketakutan dan ini dapat memengaruhi pertumbuhan mentalnya.
  • Bingung. Bagi anak-anak, orang tua adalah sumber kasih sayang dan tempat mereka berlindung. Ketika anak melihat orangtuanya bertengkar, mau tak mau anak jadi harus memilih pihak mana yang harus didukung dan pihak mana yang harus dibenci olehnya. Padahal sebenarnya mereka sangat membutuhkan kasih sayang dan perlindungan dari kedua orangtuanya, bukan hanya dari mamanya, atau papanya saja. Kondisi ini akan membuat mereka bingung harus memilih siapa untuk berlindung dan mendapatkan kasih sayang, tentunya ini tak sehat bagi mental Si Kecil.

Two Parents Fighting Over Child In Divorce Concept

  • Memengaruhi perilaku anak. Peran Anda dan suami sebagai orang tua tak hanya mengasuh, menyayangi, dan melindungi anak-anak saja, namun juga sebagai role model. Orangtua adalah contoh yang akan jadi panutan bagi anak. Jadi ketika Anda dan pasangan bertengkar di depan anak, hal tersebut akan dijadikan panutan atau contoh oleh anak Anda, baik saat ini maupun saat dewasa kelak.
  • Tak bahagia. Masa kanak-kanak seharusnya jadi masa yang indah baginya. Jadi, sebagai orang tua, sudah jadi kewajiban Anda dan pasangan untuk memberikan masa kecil yang bahagia baginya, bukan sebuah trauma menyakitkan yang harus diingatnya saat dewasa nanti. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares