Health

Bila Si Kecil Alergi Obat

By  | 

Alergi obat merupakan hal yang dapat terjadi pada siapa saja, termasuk pada balita. Walau begitu, jangan pernah menganggap remeh kondisi ini ya, Mamas. Karena apapun tingkatan alerginya, tindakan medis tetap diperlukan.

Gejala

Gejala alergi obat sangat bervariasi dan tidak spesifik terhadap satu jenis obat tertentu. 1 jenis obat tidak hanya menimbulkan 1 gejala saja, namun berbagai gejala dapat dialami anak. Selain itu, reaksi alergi obat berbeda antara seseorang dengan yang lainnya.

Gejala alergi obat juga terbagi menjadi gejala ringan sampai berat. Pada gejala ringan, Si Kecil akan mengalami:

  • Gatal pada kulit
  • Biduran atau bentol-bentol
  • Ruam
  • Demam

Demam biasanya muncul setelah beberapa jam pemberian obat dan akan hilang dalam waktu sekitar 2 hari setelah obat dihentikan.

Sedangkan pada alergi yang berat, Si Kecil akan mengalami syok atau bengkak pada seluruh tubuh, hingga menimbulkan bengkak di saluran pernapasan. Otomatis hal itu mengakibatkan anak jadi sulit bernapas. Kondisi ini memerlukan terapi intensif di rumah sakit.

Doctor performing a skin prick test

Diagnosa

Untuk mengetahui apakah Si Kecil mengalami alergi obat atau tidak, dokter akan melihat riwayat alergi orang tua/keluarga/kakek-nenek dan riwayat penyakit sering berulang. Setelah itu tes pada kulit, tes darah, dan pemeriksaan laboratarium lainnya akan dilakukan sesuai dengan kondisi pasien.

Pencegahan

Mengetahui riwayat pemberian dan jenis obat yang diberikan pada Si Kecil sangatlah penting, Mams. Bila Anda mengetahui kalau anak alergi terhadap obat tertentu, maka jangan lupa informasikan hal ini pada dokter sebelum diberikan resep. Anda juga perlu membuat daftar apa saja kandungan obat yang bisa menimbulkan alergi pada anak. Karena, walaupun berbeda merk obat, namun memiliki kandungan yang sama, maka srisiko alergi pun tetap terjadi.

Dan bila sebelumnya Si Kecil belum pernah mengalami alergi obat, maka informasikan pada dokter apa saja obat dan makanan yang dikonsumsi Si Kecil sebelum mengalami alergi. Reaksi alergi obat tanpa adanya komplikasi, biasanya akan sembuh dengan dalam waktu sekitar 1- 2 minggu. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares