Health

Berapa Banyak Ikan yang Aman Dikonsumsi Saat Hamil?

By  | 

Apakah Anda merasa sudah cukup mengonsumsi ikan saat hamil, Mamas to be? Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, baru saja merilis panduan detail mengenai berapa banyak ikan yang harus dikonsumsi oleh calon mama dan jenis ikan apa saja yang aman dan harus dikonsumsi selama kehamilan.

Saat hamil, mungkin Anda akan menjauhi makanan laut untuk sementara waktu. Dan ini wajar sekali dilakukan, mengingat bahaya merkuri dan bakteri yang tertinggal pada ikan yang tak dimasak matang dapat membahayakan janin.

Namun menurut FDA, ikan merupakan makanan laut yang tak lagi perlu ditakuti oleh calon mama dan bahkan disarankan untuk tetap dikonsumsi. Namun tentunya para calon mama harus tetap memerhatikan kandungan merkuri yang terkandung di dalam ikan tersebut.

horizontal shot of young woman hands preparing to eat her lunch, fish and lemon in plate.

FDA membagi jenis ikan dalam 3 kategori, yaitu:

  1. Best choicesSalmon, tuna kaleng, Udang, kepiting, ikan nila, ikan cod dan ikan lele. Anda disarankan mengonsumsi ikan-ikan ini 2 – 3 kali dalam seminggu.
  2. Good choichesTuna yellowfin, halibut (ikan sebelah), dan mahi mahi (dolphinfish). Anda dapat mengonsumsi ikan-ikan tersebut cukup 1 kali dalam seminggu.
  3. Fish to avoidTilefish dari teluk Meksiko, hiu, ikan todak, orange roughy, bigeye tuna, marlin dan king mackerel. Anda harus menghindari ikan-ikan ini karena mengandung merkuri yang jumlahnya dapat membahayakan janin.

FDA menambahkan, mengonsumsi ikan saat hamil manfaatnya sangat penting bagi calon mama. Nutrisi yang ditemukan dalam ikan yang kaya akan omega 3 fatty acids dan DHA ini dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, serta memberikan nutrisi yang sulit didapatkan dari sumber lain. Makanan laut juga cenderung rendah lemak jenuh, sehingga baik untuk pregnancy diet. Walaupun semua ikan mengandung merkuri dengan tingkat kandungan yang berbeda, namun selama tidak dikonsumsi secara berlebihan, maka tak akan berbahaya bagi janin.

“Anda dapat mengonsumsi dan menikmati ikan selama hamil selama ikan yang Anda makan termasuk dalam kategori ikan yang aman dikonsumsi dan dikonsumsi dalam porsi yang cukup,” ujar Elizabeth Southerland, Ph.D, EPA director for Water Science and Technology pada saat rekomendasi ini diluncurkan. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares