Parenting

Bila Si Kecil Tak Mau Rambutnya Disisir

By  | 

Memiliki anak perempuan tentunya membuat Anda gemas ingin mendandaninya ya, Mams? Mulai dari mengenakan pakaian-pakaian yang lucu hingga menata rambutnya. Namun bagaimana bila Si Anak Perempuan bukan tipe anak yang ‘anteng’ saat didandani, atau bahkan menolak dan langsung berlari menghindar walau Anda hanya berniat menyisir rambutnya setelah mandi?

Usia balita memang usia dimana Si Kecil sedang aktif-aktifnya dan cenderung tak bisa diam. Jadi wajar saja bila ia tak betah duduk kala menunggu Anda menyisir atau mengepang rambutnya. Padahal, melihat rambut Si Kecil yang berantakan membuat tak betah dan risih melihatnya. Menghadapi hal ini, Anda perlu trik-trik khusus agar Si Kecil mau disisir dan tampil lebih cantik. Berikut caranya:

  • Sisir rambutnya perlahan. Menyisir rambut Si Kecil secara perlahan dan lembut akan membuatnya merasa nyaman. Karena itu, hindari menyisir rambutnya dengan terburu-buru. Apalagi bila rambut Si Kecil tergolong ikal dan agak kusut. Ia akan meringis kesakitan ketika Anda menyisir rambutnya secara terburu-buru. Sisir bergigi jarang dengan ujung sikat berlapis plastik adalah pilihan sisir yang tepat untuk mengurangi tarikan pada rambut. Untuk mengurangi rasa sakit, Anda juga bisa memegang akar rambutnya sementara Anda menyisir bagian ujungnya.
  • Ajak main ‘salon-salonan’. Pernahkah Anda mengajaknya ke salon, Mams? Mengajak Si Kecil bermain ‘salon-salonan’ dengan mengajaknya duduk di depan cermin seperti layaknya berada di salon, bisa jadi salah satu cara untuk menyisir dan menata rambutnya. Di sini, Anda berperan sebagai sang kapster yang mendandani Si kecil.

Mother braiding hair of her daughter in the morning

  • Minta ia menyisir rambut bonekanya. Jika ia kemudian tertarik ingin berganti peran menjadi kapster, maka Anda bisa memberinya boneka yang rambutnya bisa ia sisir. Anda juga bisa menunjukkan padanya seperti apa model tatanan rambutnya nanti dengan melakukannya terlebih dahulu pada rambut boneka Si Kecil. Hal ini bisa Anda lakukan untuk membuatnya tertarik.
  • Gunakan kondisioner. Tak hanya bagi orang dewasa saja, kini juga terdapat beragam produk perawatan rambut anak. Agar rambut Si Kecil tetap lembut dan tidak kusut, pilihlah sampo sekaligus kondisioner untuk anak.
  • Aksesori rambut. Untuk tampil lebih menarik, Anda bisa menambahkan aksesori di rambut Si Kecil. Aksesori rambut Si Kecil yang lucu-lucu akan membuatnya tertarik dan mau ditata rambutnya. Bahkan, Anda bisa memintanya untuk memilih sendiri aksesori yang diinginkan.
  • Ubah model rambutnya. Bila cara-cara tadi tak mempan juga, maka Anda bisa mengubah model rambutnya. Potong rambutnya jadi lebih pendek untuk memudahkan Anda saat menyisir dan juga untuk kenyamanan Si Kecil. Selain jadi lebih praktis dan mudah dirawat, ia juga tak gerah. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares