Finance

Alasan Pengajuan Kredit Anda Ditolak

By  | 
Saat ingin memulai bisnis/memerlukan dana dalam jumlah tertentu untuk berbagai keperluan rumah tangga, kredit pinjaman dana dari Bank seringkali menjadi pilihan ya, Mams. Tidak hanya itu, kredit kepemilikan rumah atau penambahan kendaraan bermotor juga kerap menjadi bahan pertimbangan Anda dan pasangan sebagai solusi yang tepat. Tetapi, pada kenyataannya mengajukan kredit dalam besaran nilai tertentu ternyata tidak semudah yang kita bayangkan, lho. Sejumlah dana yang akan dikucurkan kepada nasabah tentu diikuti sejumlah risiko yang akan ditanggung oleh pihak Bank. Maka dari itu, penting bagi untuk memahami apakah pengajuan kredit yang Anda lakukan ‘cukup layak’ di mata Bank yang dituju?
Berikut adalah kondisi umum yang menyebabkan pihak Bank tidak dapat menyetujui pengajuan kredit Anda:
1. Tidak memenuhi kriteria
Biasanya, Bank akan mengajukan persyaratan utama bagi setiap calon debitur, diantaranya jumlah gaji minimum dan rentang usia nasabah. Jika pengajuan kredit Anda ditolak, bisa jadi salah satu alasannya adalah tidak memenuhi kriteria diatas.
2. Informasi dan data dari tempat kerja tidak sesuai
Untuk mencegah aksi pengajuan kredit fiktif, pihak Bank akan melakukan verifikasi data di tempat perusahaan Anda bekerja. Jika ternyata data yang dikonfirmasi kepada pihak HRD tidak sesuai dengan informasi pada aplikasi, hal ini dapat berujung pada penolakan pengajuan kredit nasabah.
The girl was crying at reception office worker covered his
3. Kontak sulit dihubungi
Sekalipun terdengar remeh, poin ini menjadi penting karena pihak surveyor dari Bank akan mengkonfirmasi kembali pengajuan pinjaman yang Anda tawarkan. Bila ternyata Anda lebih sering berada di luar jangkauan dan sulit untuk dihubungi, akan menyebabkan risiko penolakan pinjaman.
4. Kemampuan bayar lemah
Saat melakukan prediksi apakah nasabah mampu membayar tanggungannya di kemudian hari, pihak Bank akan memeriksa riwayat kredit Anda mulai dari penggunaan kartu kredit hinga items hutang lainnya. Jika golongan kredit Anda dinyatakan tidak normal, besar kemungkinan pengajuan pinjaman tidak akan disetujui.
5. Informasi negatif
Selama proses pengajuan kredit, Bank akan menghubungi kontak rekomendasi yang sebelumnya telah Anda tuliskan dalam form aplikasi. Jika kerabat atau pihak perusahaan memberikan rekomendasi negatif tentang Anda berdasarkan penilaian secara profesional, bisa jadi pengajuan pinjaman akan mengalami penolakan.
Masih ada kesempatan untuk mengoptimalkan usaha pengajuan pinjaman kredit yang Anda butuhkan kok, Mams.. (Baca: Tip Agar Pinjaman Anda Disetujui oleh Bank) (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares