Health

Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Menstruasi

By  | 

Studi: Sebagian besar wanita yaitu 80 – 95% mengalami sindrom PMS yang terjadi sekitar 2 minggu sebelum masa menstruasi. Gejala yang muncul diantaranya adalah emosi tidak stabil, serta gangguan fisik seperti nyeri pada bagian tubuh tertentu yakni,perut & punggung.

This bed is not comfortable as I thought
Siklus menstruasi diatur oleh 5 hormon dalam tubuh: Estrogen, Progesteron, Gonadotrophin, Luteinzing & Follicle stimulating hormone. Hormon – hormon inilah yang menjadi faktor penyebab perubahan fisik/psikis yang kita alami. Yuk ketahui apa saja yang terjadi pada tubuh kita selama masa menstruasi terjadi, Mams.

1. 1 bulan sebelum masa menstruasi, kelenjar pituitari yang terdapat pada otak melepaskan follicle stimulating hormone yang berfungsi membantu sel telur di dalam ovarium matang dan siap untuk dilepaskan. Pelepasan hormon tersebut merupakan isyarat bagi ovarium untuk melepaskan sel telurnya. Selama perjalanan sel telur ke rahim, ovarium akan meningkatkan produksi hormon estrogen yang sekaligus memicu bagian tepi rahim untuk menyiapkan diri sebagai tempat berdiamnya embrio.

Menstrual cycle
2. 2 minggu sebelum masa menstruasi, indung telur mulai melepaskan hormon progesteron. Hormon inilah yang menjadi alasan melebarnya saluran ASI di payudara, sehingga membuatnya tampak lebih besar dan sakit apabila disentuh. Selain itu, progesteron juga mengganggu sirkulasi kimia otak dan menyebabkan PMS terjadi.

3. Saat masa menstruasi, lapisan dinding rahim luruh menjadi darah menstruasi. Banyaknya darah yang keluar sekitar 30 – 40 ml pada tiap siklus. Rasa sakit yang terjadi pada hari – hari pertama menstruasi disebabkan oleh otot – otot rahim yang mengalami konstraksi untuk mendorong lapisan dinding rahim sehingga luruh menjadi darah menstruasi.
Untuk mengatasi perubahan mood & kondisi yang kurang nyaman akibat sindrom PMS akibat proses tersebut, lakukan beberapa langkah mudah berikut (Baca: 5 Langkah Atasi Emosi saat Menstruasi dan Makanan Terbaik saat Menstruasi). (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares