Health

Tip Memilih Dokter Kandungan  

By  | 

Di kehamilan pertama ini, tentunya Anda masih awam sekali tentang kehamilan. Baik dari perubahan tubuh saat hamil, hingga bagaimana memilih dokter kandungan yang tepat.

Agar Anda tak bingung menentukan siapa dokter kandungan yang tepat bagi Anda dan janin, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu yuk, mamas to be!

  • Rekomendasi keluarga atau sahabat. Mempertimbangkan saran dari orang-orang terdekat dapat membantu Anda memilih dokter yang tepat. Walau begitu, Anda tetap harus mencobanya terlebih dahulu. Belum tentu Anda juga nyaman dengan dokter tersebut. Wajar kok mamas to be, apabila Anda mendatangi beberapa dokter kandungan untuk menentukan siapa dokter yang bisa membuat Anda merasa nyaman. Ketika hamil anak pertama, saya sempat melakukan pemeriksaan kehamilan di 4 orang dokter kandungan demi mendapatkan dokter yang dapat membuat saya nyaman.
  • Jenis Kelamin. Saat pemeriksaan kandungan, dokter akan memeriksa bagian tubuh sekitar rahim dan juga organ intim. Meski baik dokter pria atau wanita keduanya memiliki bekal ilmu ginekologi yang baik, namun faktor kenyamanan sebaiknya juga turut Anda perhatikan. Apakah Anda merasa lebih nyaman dengan dokter perempuan, atau laki-laki.
  • Jarak Tempuh. Anda bertemu dengan sang dokter tak hanya saat berkonsultasi saja, namun juga saat Anda melahirkan nantinya. Jadi pertimbangkan jarak tempuhnya dari rumah ke rumah sakit atau dari kantor ke rumah sakit. Jarak yang jauh dan  akses yang sulit menuju lokasi praktek dokter kandungan, akan mempersulit Anda jika terjadi hal-hal yang di luar dugaan dengan kehamilan.
  • Lama Antrian. Dokter kandungan yang sudah terkenal, biasanya memiliki jumlah pasien yang sangat banyak. Jadi pertimbangkan hal ini, karena semakin banyak pasiennya, maka akan semakin lama pula Anda menunggu antrian.
  • Dokter senior atau dokter muda?Pertimbangannya, dokter senior memiliki pengalaman lebih dibandingkan para dokter muda. Namun lagi-lagi dokter senior tentunya memiliki pasien yang banyak, hingga antriannya pun mengular.  Sanggupkah Anda, Mams?
  • Komunikatif. Dokter yang baik dan dapat membuat nyaman adalah dokter yang memberikan waktu bagi Anda untuk bertanya seputar kehamilan dan memberikan penjelasan yang diperlukan. Bila Anda merasa nyaman dan puas dengan jawabannya maka dokter kandungan tersebut tergolong sebagai dokter yang komunikatif. Tapi bila jawabannya membuat Anda tak puas bahkan tidak menjawab permasalahan, sebaiknya lupaka dokter tersebut dan mulai ‘hunting’ kembali mencari dokter kandungan yang lain.
  • Sesuai Anggaran.  Selain beberapa hal di atas tadi, Anda juga perlu mempertimbangkan budget-nya. Apakah anggaran konsultasi, obat dan biaya melahirkan dengan dokter tersebut sesuai dengan anggaran Anda? Jangan sampai anggaran rumah tangga Anda berantakan karena memaksakan berkonsultasi ke dokter favorit dengan biaya yang mahal.
  • Asuransi. Anda pengguna asuransi? Bila ya, maka pastikan juga rumah sakit tempat praktek dokter kandungan yang dipilih bekerjasama dengan asuransi yang Anda miliki. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares