Health

Terapkan Resolusi Sehat ini di Tahun 2017

By  | 

Seringkali disibukkan dengan aktivitas padat mengurus pekerjaan atau Si Kecil, niat untuk menerapkan pola hidup sehat seringkali menjadi terlupakan ya, Mams. Kami juga mengalaminya kok. Nah, di tahun yang baru ini, sudah saatnya Anda memasukkan gaya hidup sehat ke dalam bucket list resolusi 2017. Pick all of these worthy resolutions, and stick with it.
1. Tidur cukup
National Sleep Foundation mengungkapkan bahwa kurangnya waktu tidur (7-9 jam per hari) dapat memperlambat proses berpikir otak. Dampaknya cukup beragam, mulai dari peningkatan risiko depresi hingga tekanan darah tinggi.
Tip: Caroline Jones, penulis buku “The Desperate Housewife’s Guide to Life & Love” menyarankan Anda untuk merancang suasana kamar tidur menjadi lebih gelap & hening, mengantar anak – anak tidur lebih awal, hingga kurangi porsi kafein karena kandungannya dapat bertahan di tubuh selama 14 jam.

caroline jones
2. Makan sehat
Pola makan yang berlebihan lemak, misalnya, dapat menyebabkan obesitas, diabetes tipe 2 hingga penyakit jantung. Diketahui beberapa jenis makanan tertentu justru akan menjadi pemicu kanker, diantaranya fast food, daging merah yang terlalu banyak, hingga minuman beralkohol/rokok.
Tip: Inge Tumiwa Bachrens, melalui bukunya “Eating Clean” mengungkapkan bahwa perubahan sebaiknya dilakukan secara signifikan, “Sebisa mungkin jangan mulai dengan mengurangi, tetapi langsung usahakan untuk stop konsumsi makanan – makanan yang tidak sehat. I’ve been there, rasanya memang mengagetkan, tapi kedisiplinan jenis ini akan lebih terjaga niatnya daripada harus memulainya sedikit demi sedikit,”ujarnya.

Friends enjoying lunch

3. Olahraga teratur
Frekuensi ideal olahraga yang disarankan oleh para ahli adalah 1/2 hingga 1 jam sebanyak 3 kali dalam seminggu. Efek latihan akan bertahan di dalam tubuh selama 2 kali 24 jam.
Tip: Mulailah dengan rutinitas olahraga di pagi hari sambil mengajak Si Kecil jalan – jalan dengan stroller/sepedanya. 30 minutes per day!

4. Redakan stres
Tidak hanya olahraga fisik, kesehatan mental juga memerlukan treatment, Mams. Anda bisa mencoba meditasi selama 15 – 20 menit dalam setiap sesi, dimanapun & kapanpun saat dibutuhkan. Melalui aktivitas ini, tubuh akan diajak untuk menurunkan detak jantung akibat stres, sekaligus mengatur aliran darah menjadi normal kembali.
Tip: Sophie Navita, selebriti sekaligus mama dari 2 anak mengaku pagi hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan meditasi. “Mulailah dengan duduk tenang, lalu pusatkan pikiran pada berkah/kebahagiaan yang telah Anda terima, sambil perlahan fokuskan perhatian pada tarikan nafas,” ujarnya.

Mom and daughter

5. Sosialisasi
Berbagai penelitian membuktikan bahwa networking/sosialisasi dengan teman dan sahabat mampu memberikan efek positif pada tubuh, diantaranya menangkal penyakit seperti pikun hingga alzheimer – 26% lebih tinggi daripada yang tidak bersosialisasi.
Tip: Rencanakan gathering secara kontinu dengan rekan, sahabat & keluarga. Have some activities for the kids! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto, various)

Shares