Health

4 Nasihat Kehamilan dari Dr. Sears

By  | 

Mamas to be, saat hamil biasanya Anda akan kebanjiran nasihat dari berbagai pihak yang terkadang justru membuat Anda kebingungan. Agar Anda tidak merasa bingung, tak ada salahnya mengikuti 4 nasihat kehamilan simpel dari dr. William Sears, seorang associate clinical professor of pediatrics dari University of California. Dan Anda tentu sudah tidak asing dengan nama dr. Sears yang kerap menulis  buku seputar kehamilan dan kesehatan anak.

1. Mengandung bayi yang cerdas. Tentu saja Anda ingin bayi yang Anda kandung nantinya lahir menjadi anak yang cerdas. Nah untuk mencapai hal ini, dr. Sears menyarankan Anda untuk mengonsumsi seafood yang aman dan minyak ikan yang kaya omega 3. Beberapa penelitian mengatakan, calon mama yang mengonsumsi asupan tersebut memiliki anak dengan IQ yang lebih tinggi. Sementara itu, Anda wajib menghindari asupan lemak jahat dalam tubuh karena akan menyebabkan permasalahan pada area plasenta sehingga memengaruhi tumbuh kembang janin. Konsumsi omega 3 yang dianjurkan adalah 500-1000 mg per hari.

2. Bergerak. Calon mama kerap merasa takut berolahraga karena khawatir akan melukai si janin. Padahal selama Anda tidak melakukan olahraga yang high impact, maka janin dalam kandungan akan aman-aman saja. Dan terbukti, calon mama yang rajin berolahraga akan memiliki menghasilkan hormon endorfin yang membuat Anda lebih kebal terhadap rasa sakit kala melahirkan nanti, dibandingkan dengan calon mama yang kurang bergerak.

Pregnant young woman doing fitness exercises

3. Go green! Mengonsumsi sayuran hijau memang wajib dilakukan oleh calon mama. Hal ini guna meningkatkan metabolisme serta menjaga kestabilan berat badan. Selain itu, sayuran hijau juga dapat mengatasi salah satu permasalahan yang dialami oleh hampir semua wanita hamil, yakni sembelit. Yang perlu diingat adalah jangan mengonsumsi sayur yang bumbunya menggunakan MSG, atau corn syrup.

4. Mempertimbangkan untuk water birth. Meski masih pro kontra, nyatanya air dapat membuat Anda lebih rileks saat proses melahirkan Si Kecil nanti. Berada dalam air membuat Anda merasa seperti dipijat secara terus menerus, sehingga tubuh Anda terasa lebih nyaman dan dapat mengurangi rasa sakit kala melahirkan Si Kecil. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares