Mind

Trik Berbaikan dengan Sahabat

By  | 

Kendati sahabat adalah orang yang selalu hadir untuk Anda saat dibutuhkan, tetapi bukan berarti persahabatan kalian dapat selalu berjalan mulus dan terhindar dari pertengkaran. Bahkan, kadang kala pertengkaran dengan sahabat memang dibutuhkan untuk mempererat lagi persahabatan yang ada.

Lalu bagaimana menghadapi pertengkaran dengan sahabat? Dan bagaimana sebaiknya agar dapat berbaikan kembali? Berikut hal yang bisa Anda lakukan, seperti dilansir dari Readers Digest:

  • Tidak segan untuk mengakui kesalahan. Anda sudah sangat mengenal karakter sahabat sejak lama, bahkan sedari kecil. Kendati begitu, menurut Susan Kuczmarski, EdD, penulis buku Becoming a Happy Family, Anda sudah dewasa sekarang. Karena itu, diperlukan cara dewasa untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, yaitu dengan berani mengakui kesalahan dan tak segan meminta maaf jika memang Anda yang bersalah. Utarakan perasaan dengan jujur kepada sahabat dan ungkapkan apa yang Anda rasakan.
  • Menjadi pendengar yang lebih baik. Sedikit saja kesalahpahaman bisa menghancurkan sebuah persahabatan dan akhirnya Anda dan sahabat memilih untuk melupakan kejadian tersebut tanpa membahasnya. Namun, Felicia Pressley, PhD, konselor dari Argosy University, menyarankan agar Anda dan sahabat mau mendiskusikan kesalahpahaman tersebut. Cara ini perlu dilakukan agar kedua belah pihak dapat saling mengutarakan pendapatnya masing-masing dan terhindar dari marah yang berkepanjangan. Kemudian, jadilah pendengar yang baik. Mendengarkan penjelasan sahabat juga akan membantu memperbaiki persahabatan Anda. Sebab, pada akhirnya, setiap orang hanya ingin didengarkan. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares