Health

Susu Full Cream Justru Dapat Menjaga Berat Badan Anak

By  | 

Bukan rahasia lagi, banyak manfaat yang didapat anak dari mengonsumsi susu. Kandungan kalsium dan nutrisi lainnya di dalam susu diketahui sangat baik manfaatnya bagi tubuh anak-anak maupun dewasa.

Walau begitu, beberapa mama memilih membatasi susu dan bahkan menghindari susu full cream bagi anaknya karena takut Si Kecil obesitas. Hal ini cukup dimaklumi, mengingat selama 30 tahun terakhir ini, jumlah anak yang mengalami obesitas meningkat jumlahnya hingga 3 kali lipat.

Namun ternyata, berdasarkan hasil studi yang baru-baru ini dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, anak-anak yang minum susu full cream justru tumbuh lebih ramping ketimbang anak-anak yang minum susu rendah lemak.

Selain itu, anak-anak yang mengonsumsi susu full cream juga memiliki kadar vitamin D yang lebih tinggi di tubuhnya. Minum satu gelas susu full cream setiap hari memiliki kadar vitamin D yang sebanding dengan anak-anak yang minum 3 gelas susu rendah lemak. Vitamin D ini baik untuk pertumbuhan tulang, gigi dan otot mereka.

Bottle and glass of milk

Studi ini melibatkan 2.745 anak-anak berusia 2-6 tahun. Dari studi tersebut, para peneliti menemukan fakta bahwa anak-anak yang mengonsumsi susu full cream yang mengandung 3,25 persen lemak, memiliki indeks massa tubuh 0,71 unit lebih rendah ketimbang anak-anak yang mengonsumsi susu rendah lemak.

Menurut Dr. Jonathon Maguire yang memimpin penelitian tersebut, anak-anak yang minum susu full cream akan merasa kenyang lebih lama ketimbang anak-anak yang mengonsumsi susu rendah lemak. “Jika anak-anak tidak merasa kenyang setelah minum susu, mereka lebih cenderung untuk makan makanan lain yang kurang sehat atau lebih tinggi kalori. Dan ini bisa menyebabkan mereka mengonsumsi lebih banyak kalori secara keseluruhan,” ujar Jonathan.

“Anak-anak yang minum susu rendah lemak tidak memiliki lemak yang lebih sedikit di tubuhnya, dan tak ada keuntungan lebih dari kadar vitamin D yang lebih tinggi di susu tersebut,” tambah dokter dari Rumah Sakit St Michael di Ontario – Kanada ini.

NHS sendiri merekomendasikan para orangtua agar memberikan setidaknya 350ml susu sehari atau dua porsi makanan yang terbuat dari susu, seperti keju, yogurt atau fromage frais bagi anaknya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares