Career

Fakta Menjadi Seorang Working Mama

By  | 

Mamas, begitu banyak tip dan nasihat mengenai apa saja yang harus Anda lakukan agar kehidupan rumah tangga dengan karier seimbang. Namun pada kenyataannya, seorang working mama kerap merasakan hal-hal berikut:

1. Merasa pulang terlalu cepat. Padahal sih memang sudah waktunya pulang, dan tadi pagi Anda datang on time kok. Tapi rasanya jika Anda pulang tepat jam 5, semua orang yang saat itu masih sibuk bekerja akan menatap Anda dengan tatapan yang membuat Anda merasa pulang terlalu cepat. Untuk mengatasinya, Anda tak perlu merasa tidak enak, yang penting pekerjaan Anda berjalan dengan baik.

2. Anda akan lebih dekat dengan rekan kerja yang juga memiliki anak. Mau tidak mau ya, Mams, pada akhirnya hal tersebut terbentuk dengan sendirinya karena merasa senasib dan lebih saling mengerti. Bukan berarti Anda tidak dekat dengan rekan kerja yang belum memiliki anak sih, tapi terkadang Anda harus terburu-buru pulang sehingga tidak sempat mendengar keluh kesah mereka.

3. Terkadang saat weekend Anda justru merasa lebih lelah. Idealnya, saat weekend Anda beristirahat ya, Mams. Tapi memiliki bayi dan balita tentu saja merupakan tantangan tersendiri, rumah Anda pasti tidak pernah rapi! Belum lagi pekerjaan rumah yang menumpuk. Well Mams, untuk mengatasinya, coba Anda panggil jasa cleaning service lewat aplikasi yang kini sedang marak. Biarkan mereka yang menyelesaikan pekerjaan rumah Anda agar waktu Anda maksimal untuk bermain bersama Si Kecil dan beristirahat.

abc

4. Anda selalu merasa tidak maksimal, baik sebagai karyawan maupun sebagai seorang mama. Rasa tidak puas seperti ini juga kerap Anda hadapi, padahal Anda sudah berusaha untuk menyeimbangkan keduanya. Tetapi selalu ada saja yang kurang. Jika sudah begini, ada baiknya Anda mengubah mindset, tidak ada orang yang sempurna, Mams, jalani saja semua peran Anda sebaik mungkin sesuai dengan kemampuan. Jika Anda terlalu ambisius dengan kesempurnaan, akhirnya Anda sendiri yang akan lelah.

5. Melihat wajah anak-anak saat memasuki pintu rumah adalah hal terindah bagi Anda. Yes Mams, bagian terbaik dari segala juggling Anda selama ini adalah saat melihat wajah mereka yang sangat bahagia melihat Anda pulang ke rumah. Tak berebihan sih jika ada yang mengatakan untuk sesaat segala rasa lelah jadi hilang.

Well Mams, meskipun beberapa fakta tadi cukup membuat Anda kerepotan, ambil saja hal positifnya ya. Selain memiliki penghasilan sendiri, bekerja juga merupakan bagian dari me time Anda lho. Dan quality time bersama keluarga menjadi hal yang tak ternilai bagi Anda. Namun jika Anda sudah sangat sulit membagi waktu antara keduanya, mungkin Anda bisa juga mempertimbangkan untuk bekerja paruh waktu. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares