Health

Fit Mum & Bub: Olahraga Bersama Si Kecil

By  | 

Hi Mams! Setelah melahirkan, waktu & momen yang tepat untuk berolahraga seringkali menjadi jarang ditemukan, ya. Nah, untuk mengatasi hal ini, pernahkah Anda terpikir untuk mengajak Si Kecil ikut serta dalam sebuah sesi latihan yang menyenangkan? Pada sebuah kelas yang diadakan secara rutin beberapa waktu lalu, kami mendapatkan kesempatan untuk berbincang bersama Adianti Reksoprodjo, mama dari 2 orang anak sekaligus founder & trainer Fit Mum & Bub, aktivitas olahraga bersama yang dikhususkan bagi Mama dan bayi.

Adianti Reksoprodjo

Adianti Reksoprodjo

Cerita awal terbentuknya Fit Mum & Bub?
Aktivitas ini dimulai sejak bulan Januari 2016 lalu. Saya kebetulan mengalami baby blues sejak kelahiran Naya (15 bulan), sehingga memerlukan aktivitas positif sebagai terapi healing. Karena experience saya sebelumnya adalah CrossFit L1 Coach, kemudian terpikir untuk mengembangkannya menjadi latihan bagi kedua belah pihak: Mama dan Si Bayi. Tentu selain sertifikasi ‘resmi’, saya juga mengantongi sertifikat prenatal & postnatal trainer.

Latihan ini ditujukan untuk siapa saja?
Mama yang telah melahirkan dan bayi sejak usia 3 bulan – 1.5 tahun atau lebih. Saya sengaja membuka kelas untuk mereka yang tidak bisa meninggalkan anak – anaknya karena berbagai alasan, misalnya tidak memiliki baby sitter, namun tetap ingin berolahraga. Win win solution, dua – duanya bisa ikut kelas Fit Mum & Bub dan berolahraga bersama.
Resize 4
Berapa lama durasi latihannya?
45 menit, terbagi menjadi 12-15 gerakan. Dengan memanfaatkan baby carrier dan matras, saya membagi seluruh gerakan menjadi 3 porsi latihan besar: Warm up, workout of the day – aktivitas aktif dengan menggendong bayi, beberapa gerakan dengan dumbbell, lalu relaksasi pada matras (cooling down). Semuanya dilakukan setelah memberikan waktu eksplorasi selama 5 menit bagi anak – anak dengan beberapa gerakan mudah dan lagu yang menyenangkan.

Resize 2

Resize 6
Pada saat yang bersamaan, ditemui di Sana Studio, Jakarta Selatan, Natasha Susadisastra, mama dari Gabriela (1 th) mengungkapkan beberapa manfaat yang dirasakannya setelah selama 11 bulan mengikuti kelas Fit Mum & Bub, diantaranya:
1. Meningkatkan stamina tubuh.
2. Melatih lower body (bagian bokong ke bawah) untuk lebih aktif bergerak.
3. Membantu menurunkan berat badan.
4. Mempererat bonding time bersama Si Kecil.
5. Mommy and baby group sharing, menjadi ajang sosialisasi bagi keduanya.
6. Melancarkan metabolisme tubuh Si Kecil karena ikut aktif bergerak & olahraga.

Apa saja perlengkapan yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti kelas ini?
1. Perlengkapan olahraga termasuk pakaian yang nyaman, sports bra dan training shoes untuk mama.
2. Baby carrier.
3. Handuk.
4. Baju ganti untuk bayi.
5. Mainan bayi.

Komunitas Fit Mum & Bub

Komunitas Fit Mum & Bub

Berawal dari sebuah post positif yang diunggah Adianti melalui akun Instagram, kini komunitas @fitmumandbub telah berkembang menjadi sebuah movement sehat bagi para mama. “Being a second time mother, i strongly believe now that, mothers need to give time for themselves. Happy mom means, happy kids. Or should i say, Fit mum = Happy kids!”, ujarnya. Selamat berolahraga, Mamas! (Nathalie Indry/KR/Photo: dok. Smart Mama, Fit Mum & Bub)

Shares