Relationship

Jika Harus Ikut Suami Bertugas Ke Negara Lain

By  | 

Mamas, meninggalkan kota dan negara tercinta untuk pindah ke tempat lain yang sama sekali asing bagi Anda memang tidak mudah. Dan hal ini juga dapat mengubah rutinitas seluruh keluarga termasuk hubungan Anda dengan pasangan. Namun tak perlu khawatir Mams, perubahan yang Anda dan pasangan rasakan belum tentu negatif kok, meskipun pada awalnya mungkin sulit. Nah, agar Anda tidak terlalu shock dan hubungan dengan pasangan kian solid, lakukan hal berikut.

  • Berkenalan dengan komunitas. Tak hanya untuk Anda, berkenalan dengan komunitas Indonesia yang tinggal di negara setempat dapat menambah kerabat untuk suami juga. Ada baiknya sebelum berangkat Anda berdua berkenalan dengan komunitas tersebut via online guna mengetahui kehidupan masyarakat setempat.
  • Kursus bahasa setempat. Jika negara tersebut memiliki basaha yang spesifik, Anda dapat segera mendaftarkan diri untuk kursus bahasa. Hal ini membuat Anda cepat merasa blend in di tempat yang baru.
  • Beri diri Anda waktu untuk homesick. Wajar saja kok jika Anda merasa kangen dengan keluarga dan aktivitas Anda di tanah air. Beri waktu untuk diri sendiri serta pasangan untuk merasa homesick di awal kepindahan. Komunikasikan apa yang Anda rasakan agar Si Dia mengerti perasaan Anda, begitu pula sebaliknya.

travel bags

  • Cari kesibukan. Berada di tempat yang asing dan belum mengenal lingkungan sekitar pasti membuat Anda kerap merasa bosan. Hal ini akan memicu Anda untuk “mengganggu” suami dengan berbagai keluhan, padahal ia sendiri tengah beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya Anda mencari kesibukan, misalnya ikut cooking class masakan khas setempat dan bergabung dengan kelas olahraga atau tari.
  • City strolling. Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah city strolling bersama pasangan dan Si Kecil agar lebih mengenal kota baru tempat Anda dan keluarga tinggal. Selain mengenal lebih dekat kota baru tempat Anda tinggal, hal ini dapat mengurangi rasa homesick. Hal ini juga bisa menjadi sarana bonding time yang justru mempererat hubungan Anda dengan pasangan.
  • Berpikir positif. Yang satu ini memang sangat penting ya, Mams, meski jauh dari tanah air dan kangen dengan aktivitas, keluarga, dan teman, Anda harus dapat mencari sisi positif dari kepindahan Anda. Berada jauh dari keluarga besar membuat Anda dan pasangan saling membutuhkan satu sama lain sehingga ikatan hubungan Anda berdua kian kuat. Selain itu, Anda berdua juga lebih mandiri serta memiliki wawasan yang lebih luas daripada sebelumnya. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

 

Shares