Parenting

5 Pelajaran Positif Film “Moana” Untuk Si Kecil

By  | 

Hi Mams! Setelah Frozen, kini Walt Disney tengah mempersiapkan kehadiran sebuah film keluarga baru yang bisa dinikmati oleh Si Kecil, berjudul “Moana”. Film animasi yang rencananya akan ditayangkan perdana pada akhir bulan November 2016 ini memiliki konsep yang sama dengan kisah Anna dan Elsa dalam film animasi legendaris Frozen, lengkap dengan sentuhan musikal.

Diperankan oleh Auli’i Cravalho, karakter Moana adalah gambaran seorang gadis yang ingin berpetualang mengarungi samudera Pasifik, meneruskan misi pendahulunya yang tidak terselesaikan. Lalu pada suatu saat, ia bertemu dengan Maui (Dwayne Johnson), bersepakat untuk melakukan petualangan pelayaran bersama – sama.

Film yang menggandeng dua sutradara sekaligus, yaitu Ron Clements dan John Musker ini diyakini memiliki nilai – nilai positif yang bisa diajarkan oleh Anda kepada Si Kecil. Apa saja?

1. Keberanian
Sebelum bertemu dengan Maui, Moana berlayar seorang diri. Tunjukkan kepada Si Kecil bahwa siapapun, tidak tergolong oleh gender tertentu dapat melakukan berbagai hal dengan keberaniannya.

2. Pentingnya memiliki cita – cita
Moana bertekad untuk meneruskan misi para pendahulunya: berlayar menyusuri samudera Pasifik dan menjadi penemu daratan/wilayah baru di belahan bumi tertentu. Film ini menjadi momen tepat untuk menjelaskan kepada Si Kecil bahwa dalam hidup, ia dapat menentukan cita – cita dan menetapkan ukuran keberhasilan diri seperti halnya yang dilakukan oleh Moana.
14-16-15-251991908
3. Bekerjasama
Anak – anak akan dengan mudah memahami konsep dan manfaat kerjasama antara Moana dan Maui. Ajarkan kepada mereka bahwa usaha bersama akan membuahkan hasil/tujuan akhir yang maksimal. Maka dari itu, kerjasama yang baik antara teman dan kerabat sangatlah penting.

4. Makna kecantikan
Hilangkan stigma yang mendefinisikan ‘cantik’ hanya dengan gambaran wajah ideal atau kulit yang putih. Tanamkan sejak dini kepada anak – anak bahwa kecantikan tidak dinilai hanya dari penampilan fisiknya saja, just like Moana!

5. Menghormati nilai – nilai keluarga
Moana adalah gambaran seorang gadis yang sangat menyayangi keluarganya. Pesan dan nilai seperti menghormati leluhur dapat menjadi contoh nyata bagi Si Kecil untuk selalu mengutamakan kepentingan bersama. (Nathalie Indry/KR/Photo: Various)

Shares