Finance

Tip Bagaimana Memilih E-Wallet

By  | 

Kemajuan teknologi internet saat ini memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi kehidupan kita ya, Mamas? Baik dalam hal pekerjaan, juga keperluan lainnya. Internet tak lagi membatasi waktu dan jarak yang ada, termasuk dalam bidang perbankan. Kini Anda bisa memanfaatkan kemudahan melakukan transaksi perbankan dengan adanya e-money yang menggunakan teknologi internet.

E-money adalah alat pembayaran yang memiliki uang tersimpan secara elektronik di dalam suatu media server atau chipE-money ini bisa digunakan sebagai alat pembayaran transportasi umum, jalan tol, atau berbelanja di toko yang memang bekerjasama dengan bank penerbit e-money tersebut. Berdasarkan bentuknya, e-money ini terbagi dalam 2 jenis, yaitu pre-paid card (kartu pra bayar) yang berbentuk kartu, dan yang terbaru adalah e-wallet yang tersedia dalam aplikasi digital yang memungkinkan lembaga non bank untuk menerbitkannya.

Young woman with digital tablet

Dengan banyaknya pilihan yang ada, tentunya Anda juga harus cermat dalam memilih e-wallet ini, Mams. Dan berikut ini adalah beberapa tip bagaimana memilih e-wallet untuk Anda:

  • Pilih aplikasi e-wallet yang user friendly, sehingga Anda mudah menjalankannya.
  • Pilih e-wallet yang tidak mengharuskan Anda menjadi pelanggan bank atau provider telekomunikasi tertentu.
  • Pastikan keamanan sistem aplikasi yang Anda pilih tersebut. Jangan sampai saldo Anda berkurang atau hilang.
  • Lembaga penerbit e-wallet tersebut memiliki izin dari Bank Indonesia.
  • Adakah benefit atau tawaran promo dari e-wallet tersebut?
  • Ketahui jaringan merchant yang bekerja sama dengan e-wallet tersebut. Karena di jaringan inilah Anda dapat mencairkan uang, melakukan transaksi, atau melakukan cash out saldo. Samakin banyak merchant yang bekerjasama, akan semakin mudah bagi Anda menggunakannnya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares