Parenting

5 Pelajaran Hidup untuk Anak di Era Modern

By  | 

Mamas, Si Kecil yang hidup di era masa kini tentu tidak sama dengan kehidupan masa kecil kita dulu ya. Jika dulu kehidupan relatif lebih simpel, kini anak-anak memiliki akses untuk mendapatkan informasi baik positif maupun negatif dari berbagai media. Situasi juga sudah mulai berubah dari berbagai aspek, mulai dari cara bicara, norma kesopanan dan sebagainya. Nah, untuk mengantisipasi hal negatif serta menanamkan nilai-nilai hidup yang sangat penting, tanamkan 5 hal berikut.

1. Memilih kata-kata secara bijak. Teknologi serba canggih serta informasi yang dapat diperoleh dari berbagai media memang memberikan privilege pada anak era modern untuk menguasai lebih dari satu bahasa. Namun demikian, kata-kata yang tidak sopan pun sampai di telinganya dan kemudian menjadi lazim untuk digunakan. Dalam hal ini Anda wajib menanamkan pemilihan kata yang tepat baginya untuk digunakan. Berikan pengertian padanya, memilih kata dengan bijak dapat memengaruhi pandangan orang terhadapnya. Dan tentu saja hal ini juga berpengaruh pada kehidupannya di masa mendatang.

2. Jaga sikap dan privacy. Meskipun Si Kecil belum mengerti betul, tak ada salahnya menanamkan padanya untuk menjaga sikap. Caranya tentu saja dengan menjadi contoh baginya. Mengapa harus menjaga sikap? Di era modern ini, segala tingkah laku kita dapat terekam dan mudah sekali untuk disebarluaskan. Selain memberi contoh pada Si Kecil, Anda juga wajib menjaga privasi anak dengan tidak mempublikasikan hal-hal yang bersifat pribadi, misalnya posting foto Si Kecil saat mandi di sosial media atau hal lainnya.

Lying in a Circle in the Grass

3. Internet bukan pengganti hubungan langsung antar manusia. Maraknya penggunaan gadget oleh anak di bawah umur membuat mereka sangat familiar terhadap internet yang kemudian menggiringnya untuk berpikir bahwa segala bentuk komunikasi dapat dilakukan via internet. Padahal internet hanyalah tools tambahan untuk mempermudah komunikasi. Tanamkan hal ini dengan cara membatasi penggunaan internet dan sering mengajaknya untuk playdate. Dengan begitu, ia dapat membandingkan antara komunikasi langsung dengan yang tidak.

4. Siap menghadapi perbedaan dan perubahan. Ekonomi global dan persaingan yang ketat di era masa kini wajib dipersiapkan sejak dini. Ajak Si Kecil untuk belajar bersaing secara sehat, ajari juga ia untuk menghargai perbedaan ras, kultur, dan agama. Nantinya Si Kecil akan menghadapi masa di mana ia harus bekerjasama dan menghadapi orang-orang yang berbeda latar belakang.

5. Batasi komik dan fairy tale. Tak perlu dihindari sama sekali sih, Mams, namun ada baiknya saat Si Kecil tenggelam dalam dunia super hero maupun fairy tale Anda wajib menjelaskan perbedaan kondisi dalam cerita yang ia konsumsi dengan kenyataan yang ada. Jangan sampai ia tenggelam dalam khayalan yang tidak sesuai dengan kenyataan. (Karmenita Ridwan/Photo: Istockphoto.com)

Shares