Health

5 Alasan Calon Mama Memilih Bidan dibandingkan Dokter

By  | 

Apakah Anda sedang bingung memilih tenaga medis yang akan membantu persalinan Anda, Mamas to be?

Selama beberapa tahun terakhir ini, American Public Health Association dan WHO merekomendasikan para calon mama untuk memilih bidan sebagai tenaga medis yang membantu persalinan mereka. Dan terbukti, sejak tahun 2005, semakin banyak calon mama di Amerika yang memilih bantuan bidan untuk membantu persalinan mereka. Baik untuk persalinan di rumah sakit ataupun di rumah. Dan 5 hal berikut ini adalah alasannya:

Pregnant Woman Being Examined At Home By Midwife

  1. Support and respect. Susan DiNatale, seorang bidan professional dari Kindred Hearts Community Midwifery di Dover, Delaware, Amerika Serikat, mengatakan kalau banyak wanita memilih bidan untuk membantu persalinan mereka karena mereka ingin apa yang jadi pilihan mereka mendapat respek dan dukungan. Dan mereka bisa mendapatkan ini dari para bidan.
  2. Kesempatan melahirkan normal lebih besar. Banyak para mama yang sebelumnya telah melahirkan secara caesar, ingin melahirkan anak selanjutnya secara normal daripada harus bersalin secara caesar lagi. Namun, banyak rumah sakit dan dokter kandungan, dengan banyak pertimbangan meminta para mama untuk kembali caesar. Dengan bidan, para mama merasa memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisa melakukan persalinan normal (bila memang kondisi kehamilannya mendukung).
  3. Lebih banyak pilihan. Melakukan persalinan dengan bantuan bidan diketahui memiliki nilai statistik yang lebih rendah dalam keputusan melakukan persalinan secara caesar, induksi, penggunaan obat anestesi, dan ruptur (robekan) perineum. Namun memiliki nilai keberhasilan IMD yang lebih besar.
  4. Bisa dekat dengan bayinya. Setelah melahirkan, tentunya para mama ingin selalu berada dekat dengan bayinya untuk melakukan skin to skin contact, atau bahkan kangaroo care. Namun lagi-lagi tak semua dokter kandungan ataupun juga rumah sakit yang memahami hal ini. Mereka justru menyarankan para mama agar menempatkan bayinya di ruang bayi dengan alasan bila terjadi hal darurat, akan lebih mudah ditangani.
  5. Bidan lebih perhatian. “Peraturan umum yang di anut para bidan adalah mereka dituntut untuk lebih memerhatikan aspek emosional dari kehamilan dan persalinan. Dan ini merupakan bagian dari pelatihan mereka,” kata Dr. Emiliano Chavira, Maternal fetal-medicine specialist dari California Hospital Medical Center. Dan perhatian mereka, sudah pasti adalah hal yang diharapkan dari para calon mama. Karena dari sini akan terjalin ikatan emosional yang terjalin antara sang bidan dan pasiennya. Ini membuat mereka lebih nyaman dan percaya diri menghadapi persalinan. Berbeda dengan beberapa kasus yang dialami para calon mama dengan dokter kandungannya. Mengingat banyaknya pasien, seringkali para calon mama merasa tidak mendapatkan perhatian yang cukup dari dokter kandungannya.

Beberapa hal tadi adalah kelebihan yang bisa didapatkan para calon mama yang telah mencoba bantuan bidan untuk melahirkan secara normal. Namun kembali lagi pada Anda mamas, bila Anda memang lebih nyaman melakukan persalinan dengan dokter kandungan dibandingkan dengan bantuan bidan, maka itu adalah hak Anda sepenuhnya. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares