Parenting

Ajak Papa Ikut Terlibat Dalam Pengasuhan Anak

By  | 

“Merencanakan memiliki anak berdua, mengurus anak juga harus berdua, dong..” – Sogi Indra Duaja, Ayah ASI Indonesia, Papa dari 2 anak.

Papa memang memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang anak. Sebuah penelitian yang diungkapkan oleh University of Maryland School of Medicine bahkan mengungkapkan bahwa anak – anak yang mendapatkan dampingan dari para papa dalam proses tumbuh kembangnya memiliki lebih sedikit masalah daripada yang tidak, serta memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik. Nah, apakah pasangan Anda sudah terlibat aktif dalam pola pengasuhan Si Kecil, Mams?

Psikolog Saskhya Aulia Prima, M.Psi dari Tiga Generasi mengungkapkan bahwa anak – anak idealnya mendapatkan sumber pemikiran dari kedua orangtuanya. “Dari ketegasan papanya, anak – anak akan belajar tentang konsistensi. Yang tidak boleh dilupakan adalah bagi anak perempuan, sosok papa akan ikut memengaruhi kriteria laki – laki idamannya kelak ketika sudah dewasa.”, ungkapnya.

Father with his little boy and girl at home
Berikut 4 hal yang dapat dilakukan para papa untuk ikut aktif dalam pola pengasuhan Si Kecil:
1. Memberikan support kepada istri sejak masa kehamilan, misalnya berkomunikasi dengan sang janin.
2. Mempelajari ilmu parenting melalui berbagai sumber. Bantu ia dengan cara menyediakan berbagai buku/artikel pendek yang mudah dipahami; straight to the point.
3. Menyediakan waktu/ritual khusus untuk bermain dengan anak – anak, misalnya 15 menit setiap hari sebelum tidur.
4. Memulai obrolan santai tentang sekolah & hal – hal yang disukai Si Kecil.

“Partisipasi papa dalam pengasuhan anak – anak akan membangun rasa aman & kepercayaan diri. Nah, Anda para mama dapat mulai memberikan support kepada pasangan dengan cara – cara yang sederhana: Puji aksinya & ucapkan terima kasih. Sekarang sudah banyak, kok para papa yang mulai aktif terlibat dan mau belajar ilmu parenting. Dalam hal ini, tentu dukungan istri sangat dibutuhkan.”, tutup Saskhya. Yuk, mulai dari sekarang, Mams! (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares