Health

WHO Merekomendasikan Agar Calon Mama Cek Kehamilan Minimal 8 Kali

By  | 

Senin lalu, organisasi kesehatan dunia (WHO), merevisi panduannya mengenai antenatal care (kesehatan kehamilan). Panduan tersebut menyebutkan bahwa wanita hamil harus melakukan pemeriksaan kesehatan paling tidak 8 kali selama masa kehamilannya.

Panduan yang direvisi ini berarti menambah jumlah minimal pemeriksaan yang dianjurkan sebelumnya, yaitu 4 kali selama kehamilan. Dengan adanya panduan terbaru ini, diharapkan dapat mengurangi risiko kematian pada janin.

Tahun lalu, diketahui sekitar 303.000 wanita secara global meninggal akibat gangguan kesehatan yang terkait kehamilan. Akibatnya, 2,7 juta bayi meninggal pada 28 hari pertama usia kehidupannya dan 2,6 juta bayi meninggal dalam kandungan. WHO juga menyebutkan kalau hanya 64 persen wanita yang mendapatkan perawatan antenatal (kehamilan) sebanyak 4 kali atau lebih selama ia mengandung.

midwives

Selain itu, panduan terbaru WHO ini juga merekomendasikan 49 hal lainnya yang diantaranya menyangkut  rekomendasi tentang pola makan, aktivitas fisik, rokok, malaria, tes darah, vaksinasi tetanus, dan penggunaan ultrasonografi. Termasuk juga diantaranya saran seputar masalah kehamilan seperti mual, nyeri punggung, dan konstipasi.

Tak hanya itu, WHO juga menyarankan para calon mama untuk mengonsumsi 30-60 miligram suplemen zat besi dan 0.4 mg asam folat setiap harinya selama kehamilan. “Dengan lebih sering dan lebih berkualitasnya pemeriksaan kehamilan, dapat mencegah adanya masalah pada kehamilan dan juga dapat mendeteksi adanya masalah pada kandungan lebih dini. Sehingga dapat mengurangi risiko komplikasi dan masalah kesehatan lainnya,” ungkap Anthony Costello, WHO’s head of maternal health. (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares