Beauty & Style

Outfit Wajib Untuk Senam Hamil

By  | 

Ya, agar masa kehamilan berjalan lancar, salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah senam hamil. Agar senam hamil bisa dilakukan lebih nyaman, ada baiknya Anda menggunakan kostum olahraga, seperti rekomendasi Smartmama berikut ini.

1. Celana senam. Di trimester pertama kehamilan, Anda masih bisa menggunakan celana biasa yang mempunyai potongan di pinggul karena perut belum terlalu membesar. Memasuki trimester ke dua, kenakan celana khusus untuk senam hamil yang biasa disebut maternity capris atau yoga pants.  Celana yang memiliki karet di bagian depan ini akan membuat Anda merasa nyaman.

2. Baju senam. Saat hamil, suhu tubuh akan mudah meningkat, dan membuat Anda lebih banyak mengeluarkan keringat saat berolahraga. Untuk itu, pilihlah baju senam yang longgar dan menyerap keringat. Baju senam hamil ini tak hanya terdiri dari kaus tetapi bisa juga berupa tank top yang cocok digunakan saat berolahraga di luar ruangan.  Anda juga bisa memilih baju senam hamil yang dilengkapi inbuilt shelf bra yang dibuat menempel di bagian dalam pakaian dan berfungsi menahan payudara agar tidak terguncang terlalu keras.

3. Sport bra. Sport bra merupakan salah satu kostum olahraga yang wajib digunakan  saat melakukan senam hamil. Dengan cup yang tebal dan strap atau tali berukuran lebar, payudara tidak akan terguncang saat melakukan gerakan-gerakan senam sehingga mengurangi rasa sakit di bagian tersebut.  Pastikan memilih ukuran yang tepat agar bra yang digunakan tidak terlalu sempit dan menimbulkan kesulitan bernafas saat digunakan berolahraga.

4. Sepatu. Jika pakaian dalam, baju, dan celana senam hamil sudah siap, jangan lupakan sepatunya ya, Mamas! Pilihlah sepatu olahraga yang empuk saat digunakan sehingga tidak menimbulkan rasa nyeri saat melakukan berbagai gerakan senam hamil. Jika kaki mengalami pembengkakan selama kehamilan, pastikan memilih ukuran sepatu senam yang lebih besar sehingga lebih nyaman digunakan dan dapat mengurangi risiko cedera. Satu hal yang harus diperhatikan saat memilih kostum senam hamil adalah kenyamanan,(Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares