Beauty & Style

5 Cara Perbaiki Rambut Rusak Akibat Smoothing

By  | 

Anda, mungkin salah satu wanita yang hobi mengubah tatanan rambut. Jika Anda pernah melakukan smoothing, dan mengalami kerusakan pada rambut, tip berikut ini bisa membantu mengembalikan rambut kembali bercahaya.

1. Keramas Teratur
Keramas berfungsi membersihkan kulit kepala dan rambut dari kotoran debu, asap polusi, bakteri, jamur, dan sebagainya. Namun keramas yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan rambut. Bila rambut Anda rusak akibat smoothing, sebaiknya lakukan keramas secara teratur paling tidak 2 kali seminggu.

2. Gunakan Sampo dan Kondisioner yang Tepat
Penting juga untuk memperhatikan jenis sampo dan kondisioner yang tepat. Bila rambut Anda rusak setelah menjalani perawatan smoothing, maka sampo dan kondisioner yang tepat adalah sampo dan kondisioner untuk jenis rambut kering.

3. Gunakan Vitamin Rambut
Vitamin rambut berguna untuk memberikan nutrisi pada rambut dan kulit kepala. Salah satu penyebab kerusakan rambut akibat smoothing adalah berkurangnya nutrisi pada rambut sehingga pertumbuhan rambut terganggu. Pemberian vitamin secara teratur pada rambut yang rusak dapat membantu proses perbaikan rambut dan menjaganya tetap sehat. Gunakanlah vitamin rambut setiap kali sehabis keramas.

4. Pangkas Ujung-ujung Rambut yang Pecah-pecah
Lakukan memangkas ujung-ujung rambut yang pecah-pecah, ya, Mamas. Hal ini harus dibarengi dengan penggunaan sampo dan vitamin secara teratur agar rambut yang tumbuh baru nantinya adalah rambut yang sehat dan tidak lagi pecah-pecah pada ujungnya.

5. Menjaga Kelembaban Rambut
Gunakan anti-frizz spray atau  anti-frizz oil  pada rambut setiap kali sebelum beraktivitas atau saat merasakan kulit kepala sudah sangat kering. Bila ingin menggunakan bahan alami, bisa menggunakan campuran minyak zaitun dan madu yang dioleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut. Setelah dioleskan, diamkan selama 30 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares