Health

Jenis Yoga Mana Yang Cocok untuk Anda?

By  | 

Belakangan ini, yoga menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati oleh para mama karena dipercaya dapat membakar kalori lebih banyak. Well, yoga sebenarnya merupakan olahraga tubuh dan pikiran yang dapat membantu mengoptimalkan tubuh menjadi lebih segar dan bugar, sekaligus mengendalikan stres. Nah, yang perlu Mamas tahu, ada beberapa jenis yoga populer yang bisa dipilih, sesuai dengan final goal Anda. Yuk, simak!

Young Woman Doing Yoga Meditation and Stretching Exercises
1. Hatha Yoga: Fokus pada penyelarasan latihan fisik dengan pernapasan dengan tempo yang lebih lambat.
Cocok untuk: Mamas yang baru ingin memulai latihan yoga. Hatha Yoga dipercaya dapat membuat Anda lebih bisa mengenali postur dasar tubuh dan mendalaminya dengan baik.

2. Vinyasa Yoga: Jenis yoga ini lebih mengalir secara dinamis; membutuhkan koordinasi antara fisik, postur dan pernapasan. Setiap latihan vinyasa biasanya akan memiliki tujuan akhir yang berbeda, misalnya memperkuat otot lengan/punggung.
Cocok untuk: Mamas yang menyukai gerakan spontan yang lebih dinamis. Sesi vinyasa yoga akan memungkinkan Anda mengalami berbagai gerakan yang berbeda dan bermanfaat bagi semua bagian tubuh.

Young Woman Doing Yoga Meditation and Stretching Exercises
3. Ashtanga Yoga: Yoga jenis ini diajarkan sebagai latihan yang cukup agresif karena perpindahan gerak cepat dari 1 pose ke pose lainnya untuk membangung kekuatan dan daya tahan tubuh.
Cocok untuk: Mamas yang sudah berpengalaman melakukan gerakan yoga for beginner, karena gerakannya akan sedikit lebih sulit juga menantang.

4. Iyengar Yoga:  Latihan iyengar akan berfokus pada presisi postur dan memerhatikan anatomi tubuh secara lebih detail; memanfaatkan alat bantu seperti blok yang bertujuan sebagai terapi untuk kondisi tubuh tertentu. 
Cocok untuk: Mamas yang ingin melakukan terapi untuk perbaikan postur tubuh. 

Young Woman Doing Yoga Meditation and Stretching Exercises
5. Hot Yoga: 26 postur tetap diajarkan dalam ruangan bersuhu panas sekitar 42 derajat celcius. Kondisi ruangan ini akan membantu Anda untuk mencapai postur/gerakan yoga yang diinginkan karena membuat tubuh lebih lentur.
Cocok untuk: Mamas yang ingin merasakan efek detoks maksimal dan memiliki energi yang cukup kuat untuk melakukan latihan dalam suhu ruangan yang panas. 

6. Kundalini Yoga: Latihan yoga jenis ini lebih berkaitan erat dengan proses meditasi, karena menggabungkan postur tubuh dengan teknik pernapasan yang dinamis, meditasi, dan juga mempelajari mantra yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran diri.
Cocok untuk: Mamas yang lebih menyukai meditasi dan ingin mengekplorasi lebih dalam tentang energi tubuh secara spiritual. (Nathalie Indry/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares