Finance

Konsinyasi, Pilihan Tepat Bagi Pebisnis Bermodal Minim

By  | 

Bila Anda berniat memulai bisnis sendiri namun masih ragu dengan modal usaha yang minim, maka Anda bisa mencoba sistem yang satu ini, Mamas. Dengan sistem konsinyasi, Anda tak memerlukan modal besar untuk memulai usaha Anda, seperti dikutip dari dari legal-dictionary.thefreedictionary.com.

Arti Konsinyasi

Yang dimaksud dengan konsinyasi adalah menitipkan produk Anda ke sejumlah toko dengan sistem bagi hasil. Atau sebaliknya, Anda memiliki toko dengan produk-produk yang dijual didalamnya adalah produk-produk konsinyasi.

Keuntungan Konsinyasi

Baik Anda sebagai pemilik tempat usaha ataupun produsen sebuah produk, sistem konsinyasi dapat memberi keuntungan bagi Anda, karena:

– Sebagai produsen:

  • Anda tak perlu modal lebih untuk membuka toko sendiri dan mengeluarkan biaya operasional lainnya.
  • Anda bisa memasarkan produk Anda di beberapa toko sekaligus.

– Sebagai pemilik tempat usaha:

  • Anda bisa mengembalikan produk yang tidak laku terjual. Kondisinya akan berbeda bila Anda membeli produk tersebut dan kemudian menjualnya, bila barang dagang tidak laku, modal pun hilang.
  • Anda bisa menukar produk lama atau tak laku dengan produk lainnya tanpa mengeluarkan biaya. Memungkinkan pemilik toko memulai bisnisnya dengan modal yang relatif lebih kecil daripada harus membeli barang dagang.

Woman in clothing store

Risiko Konsinyasi

Walau banyak keuntungan yang Anda dapatkan dengan sistem konsinyasi ini, namun yang namanya risiko dalam berbisnis tetaplah ada, Mamas. Risiko yang mungkin terjadi adalah:

– Bagi produsen:

  • Ketika produk Anda dititipkan ada kemungkinan terjadi kerusakan yang disebabkan oleh pihak toko atau juga oleh konsumen.
  • Anda tidak dapat memilih tempat produk Anda akan dipajang di toko tersebut.
  • Tentunya tak ada pebisnis yang mau rugi, karena itu bersiaplah bila para pemilik toko cenderung lebih mempromosikan produknya daripada produk titipan atau konsinyasi Anda.
  • Agar produk Anda mendapatkan promosi yang lebih dibandingkan produk lainnya di toko tersebut, maka sebaiknya Anda menyisihkan sebagian modal Anda untuk budgetpromosi. Budget ini bisa Anda pergunakan untuk memberi komisi yang menarik pada pemilik toko agar mau mempromosikan produk Anda.

– Bagi pemilik tempat usaha:

  • Anda harus bersiap kalau baru bisa mendapatkan keuntungan atau komisi sampai barang titipan tersebut terjual. Selamat mencoba, Mamas! (Tammy Febriani/KR/Photo: Istockphoto.com)

Shares