Education

Permainan Outdoor yang Bermanfaat Untuk Si Kecil

By  | 

Saat cuaca panas, para Mamas cenderung melindungi Si Kecil dengan cara membuat mereka diam di rumah, supaya tidak terkena panas. Padahal, saat cuaca panas, banyak hal yang bisa dilakukan di luar rumah untuk mendukung kemampuan Si Kecil dalam mengenal dan mempelajari sesuatu yang baru. Ingat pula, bahwa anak butuh sinar matahari pagi untuk membentuk sintesis vitamin D bagi tubuhnya. Karena itu, coba terapkan permainan berikut ini.

Mengenal rumput dan tanah
Ajak Si Kecil bermain di rumput dan tanah, tanpa menggunakan alas kaki. Awalnya pasti ia akan merasa asing dengan tekstur yang baru, yang belum pernah ia temui sebelumnya. Namun, bila ia sudah terbiasa, ajak ia untuk duduk atau bahkan terlentang dan menikmati tekstur rumput.

Bermain pasir
Tak perlu jauh-jauh ke pantai, Anda bisa menyediakan area kecil di rumah yang dipenuhi oleh pasir. Ajak anak bersantai sambil bermain di atas pasir. Tanyakan padanya, bagaimana rasanya duduk di atas pasir, ajak ia berkomunikasi juga dengan bermain membuat istana dari pasir.

Main air
Selain menggunakan kolam air buatan, Anda bisa menggunakan selang untuk memberikan sensasi air mancur, biasanya ini yang sangat digemari anak. Bila Si Kecil sudah bukan balita, Anda juga bisa menggunakan gelas plastik untuk mengajarkan anak tentang perbandingan ukuran, dengan menggunakan air yang diisi di gelas tersebut.

Injak batu
Anda punya taman di rumah? Pasti ada bebatuan di sekitar taman Anda, biarkan anak berjalan di atasnya dan merasakan sensasi hangat saat cuaca sedang panas. Berjalan di atas batu juga melatih ia untuk menjaga keseimbangan tubuhnya. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares