Pleasure

Wisata Alam di Ancol Ocean Ecopark

By  | 

Mancari lahan hijau di ibukota tidaklah mudah. Di lahan terbuka hijau ini, Anda bisa naik sepeda, jogging, atau sekedar jalan-jalan santai menikmati sejuknya taman yang dipenuhi pohon-pohon langka dan aneka satwa. Tidak hanya itu, tempat ini juga mengajarkan banyak hal kepada kita tentang kepedulian terhadap lingkungan. Ancol telah merevitalisasi lapangan golf seluas 34 hektar menjadi sebuah lahan terbuka hijau bernama Ancol Ocean Ecopark.

Weekend ini memang waktunya Anda bersantai bersama keluarga tercinta. Di kawasan ini, mata Anda akan dimanjakan dengan hamparan rerumputan yang luas, lengkap dengan pepohonan hutan beserta penjelasannya seperti cemara laut, pohon trambesi, mahoni, dan beberapa jenis pohon langka. Anda juga bisa dengan leluasa memilih wahana yang diinginkan, karena Ocean Ecopark memiliki beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pendidikan lingkungan.

Ancol Ocean Ecopark dibagi menjadi empat kawasan dengan tema kawasan yang berbeda-beda yaitu : Eco-Care, Eco-Nature, Eco-Art, dan Eco-Energy. Eco-care menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan dan keluarga. Eco-Nature memanjakan pengunjung dengan keindahan alam dan berbagai jenis satwa yang sudah jinak, Eco-Art menjadi pusat acara seni dan budaya, dan Eco-Energy berfokus pada konservasi energi dan sumber energi terbaru. Ada pula Eco-Island dengan danau yang meliuk-liuk dan mengelilingi pulau kecil di tengahnya. Pulau ini juga dilengkapi kehidupan aneka satwa seperti burung pelikan, burung kasuari, burung dara, rusa, bebek, domba, monyet, dan masih banyak lagi.
ocean-ecopark-ancol
Di sini juga tersedia jalur khusus untuk bersepeda untuk mengelilingi Taman Ocean Ecopark. Tersedianya dua jalur yang berbeda, satu untuk jalur bersepeda, dan satu jalur lagi untuk yang ingin berjalan kaki atau jogging. Menyusuri jalur sepeda di Ocean Ecopark sejauh 2 km memang sungguh mengasyikkan. Terdapat beberapa tanjakan dan tikungan yang cukup tajam, namun tetap aman. Dari salah satu jembatan yang cukup tinggi, kita bisa beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan di sekeliling taman. Kalau tidak membawa sepeda, tempat ini juga menyewakan sepeda bagi pengunjung.  Jika malas berjalan kaki atau Anda dapat menyewa buggy car yang bisa menampung empat orang. Jika ingin mengelilingi danau buatan yang cukup panjang, Anda bisa menaiki fun boat cruiser. Di dalam danau ini terdapat ribuan ikan emas, koi, gurame, dan juga lele. Kalau ingin memberi makan ikan-ikan ini di dermaga, Ecopark juga menyediakan pakan ikan seharga Rp. 5.000 per bungkus.
ecopark-ancol
Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati permainan lain yang tidak kalah menariknya, seperti Outbond, Paintball (Green Mission Paintball Ecopark), Ecoboat, dan Forest Camping. Arena Paintball di Ecopark memiliki lahan seluas 1,5 hektar dan dibagi menjadi tiga lokasi zona permainan, yaitu Zona Hutan Borneo, Zona Hutan Papua, dan Zona Hutan Sulawesi. Zona tempur tersebut pastinya sangat menantang. Tidak hanya itu. Ocean Ecopark juga memiliki look out tower yang bisa dipakai pengunjung untuk melihat dari ketinggian hijaunya area taman. (Yosi Avianti/Photo : Various)

Shares