Education

9 Cara Agar Anak Pemalu Mudah Bersosialiasi

By  | 
Mamas, tak perlu risau jika Si Kecil adalah anak yang pemalu. 9 tip di bawah ini akan membantu Anda agar Si Kecil lebih berani bersosialisasi bersama teman-temannya.

1. Ajak Si Kecil Berkomunikasi 
Ajaklah Si Kecil berkomunikasi tentang berbagai aktivitasnya sehari-hari. Luangkan sejenak waktu Anda untuk berbicara  sedikitnya dua kali dalam sehari. Biarkan ia mengeluarkan keluhannya, hal seperti ini akan membuat Si Kecil berani untuk bertanya, minta pendapat ataupun sekadar bercerita. Hal seperti ini akan melatihnya untuk berani berkomunikasi.

2. Lihat Bakatnya 
Dorong Si Kecil untuk bergabung dengan salah satu tim olahraga, club sepeda, balet, musik,  pencinta fotografi dan berbagai komunitas lain yang sesuai dengan minatnya. Hal seperti ini tidak hanya akan membantu Si Kecil mengasah bakatnya, tetapi juga dapat memberikan kesempatan  untuk bergaul dengan teman-temannya.

3. Bertemu Sanak Family
Kenalkan Si Kecil dengan orang yang kita kenal cukup dekat setiap kali ada kesempatan bertemu dengan sanak family, para tetangga, kolega dan lainnya.

4. Berikan Contoh yang Baik
Anak tentu akan lebih mudah belajar dengan cara mencontoh. Misalnya seperti saat kita setiap kali melewati rumah seseorang atau tetangga dengan menyapanya, maka ia juga akan belajar untuk menyapa orang tersebut setiap kali dia bertemu nantinya.

5. Lebih Banyak Waktu Bermain
Bermain bersama akan membuat Si Kecil lebih bebas mengeluarkan ekspresinya. Ajak ia untuk bermain bersama dan biarkan dia bermain di luar rumah dengan teman ataupun tetangganya. Anda juga bisa mengajak teman-temannya sesekali untuk bermain di rumah. Atau juga dapat meminta sepupunya atau temannya untuk menginap di rumah saat akhir pekan, bisa juga dengan mengizinkan anak untuk menginap di rumah neneknya pada saat musim liburan sekolah tiba.

6. Permainan Peran
Si Kecil pasti menyukai permainan peran. Sediakan waktu, dan lakukan permainan pura-puranya kalian berada di supermarket, bioskop, atau tempat lain. Mereka akan berpikir cara ini menyenangkan dan mereka bisa belajar berkomunikasi berdasarkan skenario yang Anda buat.

7. Bermain Balok
Tak peduli Anda menggunakan kayu atau balok apa pun, kerjakan bersama Si Kecil untuk membangun sesuatu entah bangunan apa, dari situ ia akan mengembangkan kemampuan sosialnya, bekerja sama, dan bernegosiasi. Pastikan ia akan mendengarkan ide Anda dan sama-sama berkomunikasi untuk menciptakan sesuatu.

8. Permainan Ekspresi Wajah
Kemampuan sosial yang baik berkaitan dengan kemampuan untuk membaca dan memahami perasaan orang lain. Berlatihlah melakukan sejumlah ekspresi wajah dengan membuka majalah atau buku bergambar dengan Si Kecil. Kemudian berhentilah di salah satu foto orang dan minta dia untuk mengidentifikasi atau menebak suasana hati orang di foto tersebut

9. Playdate Bersama Teman
Ajak anak menyusun kegiatan yang dapat dilakukan bersama teman yang akan diundang. Buatlah daftar mainan dan material yang tersedia lalu susunlah kegiatan yang akan dilakukan bersama temannya. (Yosi Avianti/Photo : Istockphoto.com)

Shares